Berita

Halaman Berita

Bangun MMotivasi Spiritual Siswa, MTsN 1 Klaten Gelar SBT

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten - 13 Februari 2018

* Siswa MTsN 1 Klaten Mengikuti SBT

Klaten-MTsN 1 Klaten menggelar Spiritual Building Training (SBT) dalam rangka menghadapi menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kelas IX, Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN BK) tahun ajaran 2017/2018.

Kegiatan yang melibatkan seluruh kelas IX beserta wali murid dan guru MTsN 1 Klaten yang diadakan di Aula Balai Kelurahan Gergunung Kecamatan Klaten Utara dengan narasumber/ motivator dari tim SBT Tiga Serangkai Solo,(12/2).

Sriyono, ketua panitia SBT MTsN 1 Klaten mengatakan, kegiatan SBT ini dengan memberikan dan membangun motivasi kepada siswa kelas IX agar siap mental spiritual dan kemampuan dalam menghadapi ujian sekolah tahun ini, dengan SBT diharapkan anak itu tidak minder/percaya diri dengan harapan nilai yang baik agar bisa melanjutkan ke sekolah yang diinginkan.

Hal senada disampaikan Kepala MTs N 1 Klaten Nurul Qomariyah, ujian dianggap oleh sebagian siswa merupakan salah satu hal yang paling menegangkan yang dihadapi siswa selama di sekolah.

"Siswa harus mempersiapkan diri melalui materi dan hafalan yang tidak sedikit. Namun, ternyata persiapan materi tidak cukup, butuh persiapan mental agar sukses dalam mengerjakan ujian," jelasnya.

Melalui SBT ini merupakan kegiatan yang sangat membantu siswa dalam mempersiapkan ujian dalam segi mental spiritual dengan didukung oleh orang tua.

"Nurul Qomariyah berharap agar wali siswa/orang tua ikut memberi pemantauan anak selama belajar dirumah, tidak akan berhasil tanpa dukungan dari semua pihak, agar bisa meraih nilai yang diharapkan bersama," tegas Nurul.

Sementara itu Tim Motivator dari Tiga Serangkai mengajak agar siswa harus percaya diri jangan grogi/minder dan harus yakin pasti bisa.

Keberhasilan itu didukung dua hal, yang pertama berdo’a dan kedua usaha,  tanpa itu cita-cita tidak akan berhasil, yang terakhir motivasi itu akan berhasil dari 3 faktor, diri sendiri, keluarga dan lingkungan.

Siswa diajak untuk melakukan muhasabah, merenungkan kembali tentang hal-hal yang telah dilakukan selama ini agar menyadari akan kesalahan dan dosa-dosa yang telah diperbuat pada orang tua.

Hampir seluruh peserta terutama peserta menangis sebagai wujud kesadaran dan penyesalan akan perilaku dosa yang telah diperbuat selama ini. Siswa diminta meminta ampun kepada Allah dengan membaca istighfar dan setelah itu mereka diminta untuk mencari orang tuanya yang ada diruangan tersebut untuk meminta maaf. Pemandangan yang membuat air mata keluar, antara siswa dan orang tua saling berangkulan.(nrd_aj/wul)


Dibaca sebanyak 91 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Mengenang Ulama Kharismatik Pimpinan PP Al Istianah Plangitan Pati Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 17 Februari 2018

Festival Rebana di Perayaan Imlek, Wujud Pluralitas di Kab. Pati Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 16 Februari 2018

Kemenag Pati Bersama STAIN Kudus Gelar Sosialisasi SPAN-UM PTKIN 2018 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 16 Februari 2018

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial