Berita

Halaman Berita

Imam Tobroni : Tugas Penyuluh Sangat Mulya

Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen - 14 Februari 2018

* Kepala Kantor saat memberikan sambutan dihadapan para penyuluh agama Kabupaten Kebumen

Kebumen-Sebanyak 60 Penyuluh Agama Islam  yang terbagi penyuluh PNS dan Non PNS Kabupaten Kebumen mengikuti kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Kompetensi Penyuluh di Aula Hotel Mexolie Kebumen, Rabu (14/2).

Kasi Bimas Islam Kankemenag Kebumen H Khamid selaku ketua panitia mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah supaya terlaksananya Penyuluh Agama Islam yang rohmatan lil alamin. Kegiatan ini menarik karena mendatangkan narasumber dari jajaran Polres Kebumen. "Ini untuk meningkatkan kompetensi Penyuluh tentang wawasan Penanggulangan NAPZA bagi generasi penerus bangsa," paparnya.

Hadir membuka kegiatan Kepala Kankemenag Kebumen H Imam Tobroni,  dia memberikan apresiasi atas kegiatan ini meskipun tahu bahwa anggaran yang ada sangat terbatas. "Kita sudah punya komitmen untuk melaksanakan tugas dengan sesungguhnya, sesuai dengan tupoksi masing masing," ujarnya. 

Menurutnya kegiatan ini bagus sekali untuk meningkatkan kompetensi baik dari  sisi manajerial maupun personal.  Dia berharap narasumber dari Polres Kebumen nanti  bisa memberikan pembinaan dan pengetahuan tentang  apa yang sedang dihadapi oleh bangsa. "Ini juga merupakan tantangan bagi penyuluh dalam membangun sinergitas dengan berbagai lintas sector,” ucapnya.

"Tugas penyuluh merupakan tugas yang sangat mulya," katanya.  Tugas penyuluh adalah bagaimana menerjemahkan dari teks menjadi konteks, perintah dari langit ke bumi seperti pada zaman Rosululloh dahulu, lanjutnya.

Kepala kantor juga mengatakan bahwa penyuluh punya peranan yang sangat penting terhadap pemahaman agama kepada masyarakat sesuai era saat ini. "Jaman dulu eranya tidak seperti saat ini,  sekarang kita bisa menyampaikan pesan Rosululloh menggunakan teknologi informasi yang serba digital. Penyuluh bisa menyampaikan hal di berbagai  bidang kehidupan seperti ekonomi, adat istiadat dan budaya menggunakan teknologi informasi tersebut.

Mengingat hal tersebut  maka Kepala Kantor mengajak kepada seluruh peserta agar proses kepenyuluhan yang disampaikan nanti juga harus jelas ke masyarakat, "substansi keagamaan harus bisa jelas disampaikan ke masyarakat, "lanjutnya.  

Selain itu juga kegiatan ini merupakan ajang berbagi untuk para penyuluh dan narasumber dalam berbagi aspek dan perspektif yang harus disampaikan ke masyarakat guna melaksanakan tugas menata kehidupan berbangsa dan bernegara. Dan disela sambutannya Kepala kantor sempat mendata beberapa penyuluh non PNS dengan menyapa beberapa diantaranya.(pt/rf)


Dibaca sebanyak 15 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Mengenang Ulama Kharismatik Pimpinan PP Al Istianah Plangitan Pati Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 17 Februari 2018

Festival Rebana di Perayaan Imlek, Wujud Pluralitas di Kab. Pati Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 16 Februari 2018

Kemenag Pati Bersama STAIN Kudus Gelar Sosialisasi SPAN-UM PTKIN 2018 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 16 Februari 2018

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial