Berita

Halaman Berita

Pesantren Diminta Aktif Isi Data EMIS

Oleh Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta - 12 Februari 2018

* Ta'aruf dan pembinaan  FKPPS  di Pondok Pesantren Jamsaren Surakarta, Jumat (9/2)

Surakarta - Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surakarta, Zarkasi, melakukan ta'aruf dan pembinaan  Forum Komunikasi Pondok Pesantren Surakarta (FKPPS)  di Pondok Pesantren Jamsaren Surakarta, Jumat, (9/2).

Selain taaruf dan pembinaan, Zarkasi juga menyampaikan informasi tentang program kerja Seksi Pakis Kemenag Kota Surakarta tahun 2018. Menurut Zarkasi  program yang akan diselenggarakan untuk  pesantren adalah kemah santri.

"Ada beberapa bantuan pembangunan  yang bisa diusulkan oleh pondok pesantren kepada Kanwil Kemenag Provinsi Jawa tengah. Untuk tahun ini anggaran bantuan untuk pembangunan per-pondok senilai Rp 150 juta dan anggaran belajar santri Rp 150 juta," paparnya.

Lebih lanjut, kata dia, syarat bagi Pondok Pesantren yang ingin mengajukan proposal tersebut cukup mudah yaitu pondok pesantren berbadan hukum / tercatat di Kemenkumham. Untuk itu, dia menegaskan pentingnya pondok pesantren meningkatkan tertib administrasi.

"Tertib adiministrasi ini seperti pengisian data Education Managing Information System (EMIS) yang selama ini masih tergolong rendah," jelasnya.

Zarkasi juga menyampaikan pentingnya pondok pesantren memiliki ijin operasional. Izin operasional bisa diajukan oleh pondok pesantren kepada Kakemenag Kab/Kota dan kemudian Kemenag kab/kota akan menerbitkan Surat Keputusan izin operasional dan piagam.

"Semua perizinan tersebut dilakukan tanpa dipungut biaya apapun alias gratis," tegasnya.

Untuk diketahui, FKPPS sebelumnya bernama  Forum Silaturahmi Pondok Pesantren Surakarta (FSPPS). Nama baru FKPP Surakarta baru dalam proses pengajuan kepada Kakemenag kota Surakarta.(rma/wul)


Dibaca sebanyak 137 kali

Web Profile Kemenag Jateng


Web Profile Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah merupakan web mandiri yang dibangun dalam rangka untuk memperkenalkan Kementerian Agama Provinsi Jateng terkait dengan tugas, fungsi dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Adanya web profile ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Berita Terbaru


Mengenang Ulama Kharismatik Pimpinan PP Al Istianah Plangitan Pati Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 17 Februari 2018

Festival Rebana di Perayaan Imlek, Wujud Pluralitas di Kab. Pati Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 16 Februari 2018

Kemenag Pati Bersama STAIN Kudus Gelar Sosialisasi SPAN-UM PTKIN 2018 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati - 16 Februari 2018

Kontak Info


Alamat Kantor Jl. Sisingamangaraja No.5 Semarang
Telp: 024-8412547 Fax: 024-8315418

Media Sosial