Kamis, 30 Agustus 2012 – Bidang Haji & Umroh
Manasik Massal Haji Kab. Sukoharjo 2012

Sukoharjo – Jamaah calon haji Kab. Sukoharjo tahun 2012 mengikuti manasik massal yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kab. Sukoharjo pada tanggal 29-30 Agustus 2012 bertempat di Pendopo Kab. Sukoharjo. Siang hari ini Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah menyampaikan pembinaan jamaah, didampingi oleh Plt. Kepala Kankemenag Sukoharjo, H. Ahmad Nasirin. Sebanyak 637 orang Jamaah calon haji Kab. Sukoharjo terbagi dalam 2 kloter, kloter 1 dan 2, dijadwalkan masuk Asrama Haji Donohudan Boyolali pada tanggal 20 September 2012, kemudian diterbangkan ke Arab Saudi sehari berikutnya.

Kakanwil berpesan kepada jamaah untuk mempersiapkan fisik, mental, dan material untuk kelancaran ibadah haji termasuk pula berusaha untuk memperlancar amalan manasik haji yang menjadi sunnah haji sesuai dengan kemampuan. ‘’‘‘Meskipun berhaji tidak membaca doa-doa tetap sah, tetapi sangat sayang kesempatan berdoa di waktu dan tempat yang mustajab tidak dipergunakan dengan baik untuk berdoa’‘’‘, kata Imam. Lebih lanjut Kakanwil menghimbau agar semakin mendekatkan diri kepada Allah serta memohon agar benar-benar bisa datang di Baitullah untuk berhaji meski sudah terdaftar porsi berangkat pada tahun ini karena pada dasarnya berhaji merupakan qadla dan qadar Allah swt.

Kakanwil juga mengingatkan pentingnya niat yang lurus beribadah haji hanya untuk Allah. Dengan niat haji yang benar-benar hanya untuk Allah akan membawa pada kesempurnaan ibadah haji dan umrah. Sebaliknya niat yang tidak tepat (niat haji untuk berwisata, berdagang, ataupun riya’‘) berakibat pada cacatnya ibadah haji yang telah dilaksanakan dengan berat dan biaya yang mahal.

Pembinaan ditutup dengan doa kepada Allah semoga jamaah haji diberikan kesehatan dan kekuatan sehingga bisa berhaji dengan lancar dan sempurna, selamat baik perjalanan berangkat ke Tanah Suci maupun perjalanan pulang dan berkumpul kembali dengan keluarga di tanah air serta menjadi haji mabrur. (fat)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.040398 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1527971
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.