Rabu, 31 Oktober 2012, 14:04 –
FASI Media Persemaian Generasi Soleh Solehah

Tegal – Festival Anak Soleh Indoneisa (FASI) Tingkat Kota Tegal Tahun 2012 Selasa (30/10) dimulai. Pembukaan dilakukan oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Pemkot Tegal, Ir. Nur Fuadi mewakili Walikota Tegal H. Ikmal Jaya SE, Ak ditandai dengan pemukulan bedug. Acara yang bertempat di Pendopo Ki Gede Sebayu Balaikota Tegal ini dihadiri oleh Kepala Kankemenag Kota Tegal H. Nuril Anwar, SH, MH, para tamu undangan, dan seribu lebih peserta FASI dengan para guru pembina dan pendamping.

Walikota Tegal H. Ikmal Jaya, SE, Ak dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kabag Kesos Pemkot Tegal Ir. Nur Fuadi mengatakan FASI menjadi wadah menanamkan nilai Islami kepada generasi muda. Kegiatan FASI pada kakikatnya sebagai salah satu media memperkokoh silaturahim fungsional dalam upaya menopang ukhuwah islamiyah, memupuk semangat kebersamaan dan profesioanlisme di setiap jenjang kelembagaan dalam upaya meningkatkan fungsi BADKO TPQ serta evaluasi kualitas santri di Kota Tegal. Selanjutnya dapat menjadi umpan balik perbaikan kurikulum termasuk proses pembelajarannya. Disamping mempersiapkan pemuda Tegal menjadi agen perubahan. Karena pemuda merupakan aset terbesar yang keberadaandan kontribusinya sangat diharapkan di masa depan. Melalui FASI kita semai pemuda-pemudi yang soleh-solehah yang memiliki nilai idialisme keislaman yang kuat dan kental sehingga niali-nilai islam yang luhur tetap terjaga.

Menurutnya FASI menjadi media persemaian cikal bakal penerus tongkat estafet generasi sekarang ini. Walikota berharap FASI menjadi media yang mengajarkan agama Islam yang kaffah dalam membentuk generasi-generasi Islam yang tahan banting oleh kuatnya arus globalisasi, westernesisasi dan sekulerisasi. Kepada para peserta Walikota berpesan untuk senantiasa memperbanyak budi dan ilmu serta meraih prestasi tetapi tetap rendah hati dan jangan sekali-kali memilliki kesombongan.

Usai dibuka secara resmi oleh Kabag Kesos Pemkot Tegal, rangkaian kegiatan FASI yang terbagi dalam enam Majlis, yaitu I. Mewarnai, Menggambar dan Kaligrafi, II. Ikrar dan Puitisasi al-Qur’an (TK/TPQ), III. Nasyid/Lagu Islami (TPQ), IV. Tartil, Peragaan Shalat (TKQ), V. Tilawah (TQA), Adzan Iqamah (TQK), dan VI. Pidato Bahasa Indonesia (TQA) dimulai. Adapun pelantikan Dewan Hakim dan Panitera telah dilakukan sehari sebelumnya. Rangkaian kegiatan FASI akan berlangsung selama dua hari, mulai Selasa (30/10) hingga Rabu (31/10).

Hari pertama pelaksanaan FASI berlangsung lancar. Selama pelaksanaan muncul banyak kejadian-kejadian yang mengundang senyum dan tawa dewan hakim, panitera maupun penonton tatkala peserta yang masih anak-anak tersebut tampil di depan mengikuti kegiatan FASI. Seperti peserta menangis, lupa, maupun tingkah polah lain yang muncul dari naluri kekanak-kanakkan dalam diri mereka.(kholil)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.045675 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1692429
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.