Selasa, 26 Februari 2013 – Kankemenag
Workshop Penyusunan Kurikulum KTSP Berbasis Karakter

Salatiga – Bertempat di Aula Kankemenag Kota Salatiga telah diadakan kegiatan Workshop Penyusunan Kurikulum KTSP Berbasis Karakter. Kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 08.00 s.d 14.00 tersebut langsung dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Drs. H. Wuryadi, M.PdI. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pendidikan karakter merupakan upaya untuk memanusiakan manusia, dalam arti manusia harus kembali kepada kodratnya yaitu dengan etika atau karakter yang baik. Karakter yang baik dapat diwujudkan dengan berbagai cara baik melalui pendidikan, lingkungan yang mendukung serta tauladan dari pendidik.

Dalam kesempatan tersebut pula disinggung, untuk menanamkan karakter di madrasah dapat diwujudkan dengan pembiasaan-pembiasaan Islami baik pada waktu pembelajaran maupun diluar pembelajaran secara garis besar untuk menanamkan karakter melalui (1) lingkungan madrasah yang baik, (2) budaya madrasah yang mencerminkan nilai karakter, serta (3) peran serta masyarakat yang maksimal.

Kegiatan tersebut diikuti 60 peserta terdiri dari pengawas PAI Kankemenag Kota Salatiga, Kepala MI se-Kota Salatiga, Staff Mapenda, dan guru. Ketua panitia penyelenggara melaporkan bahwa kegiatan tersebut merupakan realisasi program kerja KKG MI Kota Salatiga tahun pelajaran 2012/2013 yang bertujuan supaya dapat meningkatkan kemampuan madrasah dalam menyusun kurikulum KTSP yang berbasis karakter, sehingga dapat diaplikasikan dan mendukung kurikulum 2013.

Umi Hanik, M.PdI sebagai pengawas PAI Kankemenag Kota Salatiga dan selaku pemateri dalam acara tersebut menyampaikan bahwa komponen-komponen dalam pengimplementasian kurikulum KTSP berbasis karakter yang paling pokok tersebut adalah Kurikulum KTSP itu sendiri, manajemena madrasah, pendidik dan tenaga pendidikan serta stakeholder/warga madrasah, serta pendukung lainnya. (admin)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.029256 detik
Diakses dari alamat : 54.198.34.238
Jumlah pengunjung: 1114607
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.