Selasa, 26 Februari 2013, 05:52 – Kankemenag
Sosialisasi Bas (Bagan Akun Standar)

Temanggung – Guna meningkatkan ketertiban administrasi Keuangan dalam pengelolaan Keuangan maka pada hari Rabu tanggal 20 Februari 2013 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung telah menyelenggarakan Sosialisasi BAS ( Bagan Akun Standar ) dengan pemateri dari KPPN Magelang. Kegiatan ini di hadiri oleh Kepala Kantor, Ka Subbag TU, Kasi, Penyelenggara, Kepala Madrasah Negeri, PPK, Bendahara Madrasah Negeri, Pengelola Keuangan, Perencana dan Bendahara Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung.

Dalam pembukaan kegiatan ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung Bp. Drs. H. Puji Khamdani menyampaikan beberapa hal sebagai berikut : Kepala Kantor, Kepala Madrasah yaitu disamping sebagai PPSPM juga sebagai KPA (Kuasa Pengguna Anggaran) di dalam menjalankan pengelolaan Keuangan. Di Kemenag Kab. Temanggung ada 6 orang KPA yaitu 1 Kepala Kantor Kemenag dan 5 Kepala Madrasah Negeri, kita ikuti dengan seksama Sosialisasi BAS ini mudah-mudahan kita akan lebih tahu tentang bagaimana Pengelolaan Keuangan yang sesuai BAS, aturan Bagan Akun Standar ini sudah lama mulai tahun 2004 tapi baru berjalan pada akhir-akhir tahun ini. Dengan berlakunya Bagan Akun Standar ini pengelolaan Keuangan merupakan tanggung jawab mutlak dari satker masing-masing, harapan kita semua bahwa dalam pengelolaan Keuangan tidak lepas dari KPPN jadi masih ada kerja sama, dalam pengelolaan keuangan ada 3 kriteria, yaitu : bersinergi prosedural, bersinergi legal / formal serta bersinergi fisik (wajar tidak mencolok).

Kemudian dalam menyampaikan materi petugas dari KPPN yaitu Ibu Sri Partinah, SE dan Ibu Nuryati, SE menyampaikan antara lain : Bagan Akun Standar adalah daftar akun buku besar yang ditetapkan dan disusun secara sistematis untuk memudahkan perencanaan dan pelaksanaan anggaran serta pembukuan dan pelaporan keuangan pemerintah, Dasar Hukum penerapan BAS adalah : UU No 17/2003 tentang Keuangan Negara, UU No 1/2004 tentang Perbendaharaan Negara, PP No 90/2010 tentang Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga, PP No 71/2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan, PP No 8/2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah, PMK No 91/PMK.05/2007 tentang Bagan Akun Standar. Dasar pemikiran adalah Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah dan K/L yang memenuhi unsur pengendalian, pengukuran dan pelaporan kinerja, meningkatkan Akuntabilitas Pertanggungjawaban anggaran pendapatan dan belanja negara dengan melaksanakan penggunaan BAS dari perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran dan pelaporan keuangan, Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan dan GFS 2001 dalam BAS. Tujuan Bagan Akun Standar adalah memastikan rencana keuangan(anggaran), realisasi dan pelporan keuangan dinyatakan dalam istilah yang sama, meningkatkan kualitas informasi keuangan serta memudahkan pengawasan keuangan.(Sur)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.081485 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1631767
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.