Jumat, 1 Maret 2013, 05:46 – Kankemenag
Sosialisasi Pengelolaan DIPA PNBP NR Tahun 2013

Grobogan – Bendahara Pembantu Penerimaan PNBP NR ( red, bendahara) adalah tugas tambahan yang diberikan kepada seorang staf KUA untuk menerima uang pendaftaran pencatatan nikah dan rujuk di KUA. Sebagai bendahara, staf KUA dituntut untuk meningkatkan kualitas administrasi pengelolaan administrasi DIPA PNBP NR yang ada di KUA mulai dari penerimaan, pengelolaan dan terakhir penyusunan SPJ DIPA PNBP NR hingga penyimpanannya. Untuk itu, bendahara harus bekerja maksimal, sehingga pekerjaannya bisa dipertanggungjawabkan dan mendapatkan barokah. Demikian disampaikan Drs. H. Muzazin, Kasi Urais Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan pada acara Sosialisasi Pengelolaan DIPA PNBP NR di Aula setempat pada hari Kamis, 28 Pebruari 2013.

Lebih lanjut Drs. H. Muzazin menyampaikan bahwa acara sosialisasi pengelolaan DIPA PNBP NR adalah upaya mensinergikan pengelolaan DIPA PNBP NR antara Kantor Kementerian Agama Kab. Grobogan melalui Seksi Urais dengan 19 KUA yang ada di Kabupaten Grobogan. Selain itu, pada kesempatan yang sama, Drs H. Muzazin juga menyampaikan pentingnya memahami lagi Peraturan Menteri Agama Nomor 71 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Biaya Pencatatan Nikah dan Rujuk. Dengan demikian, bendahara dalam melaksanakan tugasnya dapat terarah dengan baik sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

Menurut Ahmad Yasin, sebagai fasilitator kegiatan ini menjelaskan bahwa, selain sebagai upaya mensinergikan pengelolaan DIPA PNBP NR antara Kantor Kemeneterian Agama Kabupaten Grobogan dengan KUA, kegiatan ini dimaksudkan juga sebagai sosialisasi atas rencana strategis atas pengelolaan DIPA PNBP NR tahun 2013. Dalam kegiatan ini akan sampaikan oleh Bendahara Penerima PNBP NR tentang jadwal pencairan DIPA PNBP NR untuk KUA, kemudian disosialisasikan tentang akun–akun yang harus diperhatikan oleh semua pengelola serta ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi dalam penyusunan SPJ DIPA PNBP NR.

Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan DIPA PNBP NR diikuti oleh 19 Bendahara Pembantu Penerimaan PNBP NR dan 19 staf KUA, perwakilan dari 19 KUA yang ada di Kabupaten Grobogan. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, terutama pada sesi rencana strategis pengelolaan DIPA PNBP NR yang disampaikan oleh Mubayana, Bendahara Penerima PNBP NR. Pada sesi ini disosialisasikan tentang jadwal masing-masing KUA dalam pencairan DIPA PNBP NR setahun untuk tahun 2013, disertai dengan jenis anggaran dan jumlah uangnya. Pada kesempatan ini disampaikan juga tentang akun – akun yang harus diperhatikan sesuai dengan jenis anggaran yang ada, sehingga penggunaan DIPA pada nantinya tepat sasaran sesuai ketentuan peraturan yang berlaku. Kemudian disampaikan juga tentang cara menysusun laporan realisasi penerimaan negara bukan pajak untuk KUA Kecamatan tiap bulannya dalam tahun 2013.

Lebih lanjut Mubayana menjelaskan bahwa, para pengelola DIPA PNBP NR di KUA harus betul-betul memperhatikan dan memahami akun – akun sebagai berikut: 521119 untuk belanja barang operasional lainnya, 524119 untuk belanja perjalanan lainnya dan 521211 untuk belanja bahan. (ysn)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.077122 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.4
Jumlah pengunjung: 1572968
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.