Rabu, 6 Maret 2013 –
Penataran Guru Agama Islam MI & MA

Semarang – Biro Bintal Setda Prov. Jawa Tengah bekerjasama dengan Pimpinan Wilayah LP Maarif NU Jawa Tengah menyelenggarakan Penataran bagi guru agama MI dan MA di Pusdiklat BKK Jawa Tengah. Kegiatan ini diselenggarakan mulai tanggal 4 hingga 6 Maret 2013. Kegiatan ini dibuka oleh plt. Asisten Kesra Setda Prov.Jawa Tengah, Rudi Apriantono, dan dihadiri oleh Sekretaris Syuriah PW NU Jawa Tengah, KH. Ubaidullah.

Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah hadir sebagai narasumber yang menyampaikan tentang kebijakan kementerian agama terhadap pelaksanaan kurikulum 2013. Paparan disampaikan secara panel bersama dengan Kabag Agama Biro Bintal Setda Prov. Jawa Tengah, H. Muhammad Aris. Pada kesempatan itu, H. Khaeruddin menjelaskan bahwa guru/ustadz adalah profesi yang sangat luar biasa. Guru adalah orang yang menguasai ilmu pengetahuan sesuai bidangnya secara integral. Tidak ada dikotomi antara pendidikan agama dan pendidikan umum. Inilah sebabnya guru disebut sebagai Mualim. Guru juga disebut sebagai Mudarris, selalu berupaya untuk bisa berinovasi terhadap teknik mengajar. Guru juga diharapkan bisa untuk merubah peradaban dari kebodohan menjadi kecerdasan. Guru pula disarankan bisa menerjemahkan sifat-sifat ketuhanan, Murabbi. Guru juga dikenal sebagai mursyid, mereka ikhlas melaksanakan tugas-tugas mereka.

Demikian besar peranan guru, maka tidak heran jika pemerintah menaruh perhatian yang sangat besar pada bidang pendidikan. Tidak hanya pendidikan formal saja, pendidikan non formal pun tidak luput dari perhatian pemerintah dengan disahkannya PP 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Acara yang berlangsung hingga pukul 22.30 itu diakhiri dengan dialog yang kebanyakan bertanya tentang bantuan dana hibah dari Provinsi Jateng dan tentang sertifikasi. (fat)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.034284 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1450077
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.