Selasa, 2 April 2013 – Pendis & Madrasah, Kankemenag
MAN Salatiga Siap Ujian Nasional

Salatiga – Setelah beristirahat sejenak atas terselesainya pelaksanaan Ujian Madrasah dan Ujian Madrasah Berstandard Nasional, siswa kelas XII MAN Salatiga, mulai Selasa, 26 Maret – 28 Maret 2013 melaksanakan TryOut Tahap 3.

TryOut Ujian Nasional, bertujuan memberikan latihan bagi siswa agar nantinya terbiasa mengerjakan soal soal Ujian Nasional, yang direncanakan akan dilaksanakan dengan 30 paket soal dan menggunakan sistem barcode.

TryOut ini bagi sekolah khususnya guru digunakan untuk mempermudah dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, karena setiap selesai TryOut, guru akan melakukan analisis nilai. Analisis nilai ini berfungsi untuk mengetahui indikator indikator dalam mata pelajaran yang manakah yang anak anak masih kesulitan untuk memahaminya.

Pihak Kurikulum menjelaskan, Tryout untuk siswa MAN Salatiga, dilaksanakan 4 tahap, mulai bulan Januari 2013, dan pada tanggal 8 – 11 April 2013 nanti siswa kelas XII MAN Salatiga akan melaksanakan Tryout tahap 4, untuk kemudian maju mengikuti Ujian Nasional tanggal 15 – 18 April 2013.

Pada kesempatan pengarahan, di hari pertama Tryout UN tahap 3 ini, Kepala Madrasah Drs. H. Sudar, M.Ag memberikan arahan kepada Guru, agar TryOut ini dilaksanakan laksana UN, dengan formula 3T yaitu Tepat Waktu, Tepat Tempat dan Tepat Tugas.

Demikian pula kepada peserta didik Kepala Madrasah selalu mengingatkan akan jurus-jurus untuk Sukses Ujian yaitu, 1. Kuasai Materi, kewajiban para siswa untuk menguasai materi pelajaran2. Konsentrasi, konsentrasi dalam belajar, selalu fokus pada tujuan, misalnya lulus Ujian Nasional dengan nilai terbaik. 3. Disiplin, meningkatkan disiplin dalam belajar, baik belajar di sekolah maupun di rumah, serius dan bersungguh sungguh untuk bisa disiplin dengan waktu.4. Percaya diri, meningkatkan rasa percaya diri, secara lahir salah satunya dengan menguasai materi pelajaran dengan baik dan secara batin, semakin mendekatkan diri pada Allah5. Motivasi diri, meningkatkan motivasi diri dan selalu berpikir positif untuk keberhasilan Ujian Nasional. Salah satu hal yang dilakukan adalah, Kepala Madrasah mewajibkan para siswa untuk menuliskan target nilai Ujian Nasional mereka, untuk kemudian di tempel di kamar atau ruang belajar para siswa di rumah dan di sekolah. Sehingga setiap hari mereka bisa mengafirmasi, untuk memantaskan diri memperoleh nilai nilai Ujian Nasional sesuai target Nilai yang sudah mereka tuliskan tersebut.

Usaha usaha yang dilakukan pihak sekolah untuk mempersiapkan para siswa dalam menghadapi ujian nasional antara lain, pendalaman materi sesuai Standard Kompetensi Lulusan yang dikeluarkan oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan), pelaksanaan pendalaman materi dilakukan seusai sekolah pukul 14.30 – 16.00 WIB dimulai bulan Januari 2013, kemudian kegiatan Bimbingan Belajar Terarah dan Bermakna (B2TB) dan Klinik Kesulitan belajar. (AML)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.032099 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1438429
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.