Selasa, 23 April 2013, 04:34 – Kankemenag
Pospeda Kota Pekalongan 2013

Pekalongan – Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren tingkat Daerah (POSPEDA), resmi dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan yang diwakili Ka Sub Bag Tata Usaha di Pondok Pesantren Al Mubarok Medono Kota Pekalongan. Dihadiri oleh beberapa tamu undangan antara lain Pimpinan Ponpes dan beberapa pejabat eselon IV Kankemenag Kota Pekalongan. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari, 20-21 April 2013 bertempat di Pondok Pesantren Al Mubarok Medono dan Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan.

Ketua panitia yang juga menjabat sebagai Kasi Pendidikan Agama & Keagamaan Islam Drs. H. Irwan Abas, dalam laporannya menyampaikan bahwa POSPEDA kali ini diikuti 289 orang peserta santri Ponpes se Kota Pekalongan terdiri dari 171 peserta putra dan 118 peserta putri, adapun lomba yang akan dilaksanakan yaitu Atletik, Tenis Meja, Sepak Takraw, Bulutangkis, dan cabang seni antara lain Qosidah Hadroh, Kaligrafi, Seni Lukis Islam, Seni Kriya, Video Cerpen, Fragmen, Cipta Puisi, Stand Up Comedy, dan Pidato tiga bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Inggris). Sebelum mengakhiri laporannya beliau menambahkan POSPEDA tersebut jangan hanya dijadikan sebagai ajang mencari prestasi, tetapi kegiatan ini dijadikan sebagai ajang silaturahmi antar Pondok Pesantren. “Kami berharap kegiatan ini bisa mempersatukan persaudaraan antar pondok pesantren. Tak hanya itu, melalui kegiatan ini kita akan memperkenalkan pondok pesantren kepada masyarakat, “ tuturnya.

Kepala Kankemenag Kota Pekalongan yang diwakili oleh Ka Sub Bag Tata Usaha Drs. H. Muhamad Yahya, dalam sambutannya mengemukakan, tujuan dari kegiatan ini diantaranya adalah sebagai wahana pembinaan dan penyaluran minat bakat dan prestasi di bidang olahraga dan seni di kalangan santri pondok pesantren, kegiatan ini dapat pula dijadikan sebagai sarana evaluasi pembinaan olahraga dan seni para santri Pondok Pesantren se Kota Pekalongan, serta dapat memperkokoh tali silaturrahim dan rasa persatuan di kalangan santri. POSPEDA ini diharapkan mampu membangun citra Pondok Pesantren sebagai lembaga pendidikan yang potensial untuk meningkatkan kualitas sumber daya umat Islam juga sebagai wahana syiar Islam” ungkapnya. Lebih lanjut beliau mengatakan para pemenang nantinya akan dikirim pada POSPEDA tingkat jateng 2013 yang akan dilaksanakan di Grobogan mendatang.

Adapun pemenang lomba adalah :1. Juara Umum I Pondok Pesantren Modern Alqur’an Buaran dengan perolehan 33 tropy;2. Juara Umum II Pondok Pesantren Al Mubarok Medono dengan perolehan 27 tropy;3. Juara Umum III Pondok Pesantren Modern Assalam Boarding School Sokorejo dengan perolehan 23 tropy. (warda)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.027859 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1640821
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.