Jumat, 26 April 2013, 02:09 – Menag - Wamenag
Wamenag RI : Jangan Malas Ziarah Aulia

Demak – Wakil Menteri Agama RI, Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar, MA menyampaikan mauidhoh hasanah pada acara haul agung Kanjeng Sultan Raden Abdul Fattah Al-Akbar Sayyidin Panotogomo Ke-510 pada Selasa malam, 13 Jumadil Akhir 1434 (23/4) bertempat di Masjid Agung Demak. Beliau menyampaikan harapannya bahwa dengan peringatan/haul ini bisa menambah spirit kita dalam beribadah dan berjuang untuk kejayaan Islam. Selain kita teladani semangat dan sikap hidup beliau, yang wajib kita lakukan adalah mendoakan beliau, sebagaimana anak mendoakan orang tuanya, murid mendoakan gurunya.

Lebih jauh Nasaruddin menyampaikan pentingnya sebuah doa yang dilakukan oleh seorang guru kepada anak didiknya sebagaimana dilakukan oleh Walisongo. “Ini (red: doa) adalah proses tazkiyah, mempersiapkan rohani anak didik sebelum diberikan ilmu-ilmu yang akan ditanamkan pada anak didik”, paparnya. Jika penyucian jiwa itu sudah dilakukan maka proses pendidikan akan lebih mudah, karena Allah membuka tabir-tabir yang menghalangi internalisasi nilai-nilai mulia. Yang harus diperhatikan adalah “Sucikan lahir dan batin sebelum melaksanakan belajar mengajar”.

Nasaruddin juga menghimbau jamaah supaya jangan malas berziarah apalagi makam orang mulia. “Ruh tidak pernah mati, yang hancur adalah jasad. Cintai para wali, doakan Ia. Tanpa mereka, negara kita tidak akan menjadi negara berpenduduk Islam paling besar di dunia”.

Mauidhoh khasanah kedua disampaikan oleh Habib Lutfi Ali bin Hasyim bin Yahya yang mengimbau kepada jamaah supaya tidak mudah dipecah belah oleh siapapun juga. Tingkatkan persatuan dan kesatuan, hargai perbedaan yang ada dengan meningkatkan toleransi. (fat)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.746467 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 1650436
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.