Selasa, 21 Mei 2013, 03:11 – Bidang Haji & Umroh, Kankemenag
Pembukaan Manasik Haji Kota Surakarta tahun 1434 H/2013 M

Surakarta – Pembukaan dan Pembekalan Manasik Haji tahun 1434 H/2013 M telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Surakarta bertempat di pendapi Gedhe Balaikota Surakarta pada Kamis tgl 16 Mei 2013 dihadiri oleh Wakil Walikota Surakarta Dr. H.Ahmad Purnomo, Ka Kankemenag Kota Surakarta Drs.H.Ahmad Nasirin, M.Ag, Muspida Kota dan Muspida Koordinator Kota Surakarta, ketua MUI Surakarta, Ketua IPHI Kota Surakarta, serta seluruh jamaah calon Haji Kota Surakarta Tahun 1434 H/2013 M. Jumlah keseluruhan 716 orang terdiri dari masing-masing Kecamatan Banjarsari sebanyak 218 orang,kecamatan Jebres sebanyak 96 orang, kecamatan Pasarkliwon sebanyak 114 orang, kecamatan Serengan sebanyak 78 orang, Kecamatan laweyan sebanyak 210 orang.dan terdiri dari laki-laki sebnyak 332 orang, perempuan sebanyak 384 orang.

Acara diawali dengan pembukaan yang diikuti oleh seluruh jamaah calon haji setelah pembukaan dilanjutkan dengan Materi pembekalan kebijakan pemerintah tentang penyelenggaraan Haji dan Umrah tahun 1434 H/2013 M disampaikan Drs.H.Rosyid Ali Safitri Kasi Penyelenggaraan Haji & Umrah Kankemenag Kota Surakarta.dan materi bimbingan pembekalan Kesehatan Calon Jamaah Haji oleh Ibu Dokter Titik Kadarsih dari Dinas Kesehatan Kota Surakarta.

Dalam sambutan yang disampaikan dari Ketua IPHI Surakarta H.Mas Ahmad Dimyati, BA berbahagialah pemerintah kota Surakarta telah melaksanakan manasik haji sebagai visi-misi IPHI melayani, menyantuni dari berangkat sampai kepulangan jamaah haji dan berpesan betul-betul pelaksanaan manasik di cermati betapa pentingnya mengikuti manasik. IPHI adalah independen tidak ikut mana-mana KBIH mana bisa ikut.

Dalam laporan Panitia pelaksana ini Ka Kankemenag Kota Surakarta Drs.H.Ahmad Nasirin, M.Ag menyampaikan pelaksanaan kegiatan manasik haji sebelumnya sudah disosialisasikan tgl 12-14 Pebruari 2013 dan pada pembukaan pembekalan manasik haji tingkat kota Surakarta, kemudian akan dilanjutkan pelaksanaan manasik haji tingkat kecamatan akan dimulai pada tanggal 24 Mei s.d 2 Juni 2013. Maksud dan tujuan ibadah haji merupakan ibadah yang mempunyai karakteristik khusus dalam hal kemampuan pelaksanaannya sehingga perlu persiapan fisik dan mental dengan disertai niat yang tulus disamping itu jamaah calon haji perlu memperhatikan :syarat,rukun,wajib serta disunnatkan sehingga dalam pelaksanaannya ibadah haji mendapatkan predikat haji mabrur, Haji yang akan dilaksanakan pemerintah Kota Surakarta dapat membantu jamaah calon haji dalam mempersiapkan pelaksanaan ibadah serta dapat membantu mewujudkan haji mabrur, Kegiatan ini bertujuan selain jamaah caloin haji dapat memahami syarat rukun dan wajib haji juga jamaah haji bisa mandiri, baik pelaksanaan kegiatan yang bersifat umum, memahami pentingnya menjaga kesehatan, serta dapat menjaga akhlaqul karimah selama berhaji.

Dalam kesempatan itu Wakil Walikota Surakarta Dr.H.Ahmad Purnomo berkenan membuka acara secara resmi Mansik haji 1434 H/2013 M dalam sambutannya beliau menyampaikan Rukun Islam ke 5 adalah Ibadah Haji dan suatu kehormatan karena memenuhi panggilanNya, dan bersyukur bisa memanfaatkan sebaik-baiknya yang baik dan benar sesuai tuntunan Rasulullah SAW dan sebagai gladi resik pelaksanaan manasik ini. Dan berpesan kepada Calon jamaah haji kota Surakarta untuk mengharap ridlo Allah SWT, disipilin waktu, menjaga kesehatan, ibadah haji merupakan ibadah fisik dan sekaligus silaturrahim, menjunjung tinggi harkat dan martabat, serta menciptakan suasana perdamaian agar menjaga tali silaturrahmi dan persaudaraan baur membaur tidak ada rasa egois antara satu jamaah dengan jamaah haji yang lain. (rahma)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.049000 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1650326
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.