Selasa, 11 Juni 2013, 08:40 – Bidang Haji & Umroh
Manasik Massal Haji Kab. Cilacap 2013

Cilacap – Sebanyak 1.188 orang jamaah calon haji Kab. Cilacap tahun 2013 mengikuti manasik massal yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kab. Cilacap pada tanggal 4 Juni 2013 bertempat di Gedung IPHI Cilacap. Hari ini Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah, H. Khaeruddin, menyampaikan pembinaan manasik bagi jamaah. Kakanwil didampingi oleh Kepala Kankemenag Cilacap, H. Mughni Labib, beserta para pejabat struktural Kankemenag Kab. Cilacap. Hadir pula pada kemahnya itu antara lain Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, DPRD Kab. Cilacap, Kepala Dinas/Instansi, Ketua KBIH, dan Kepala Bank penerima setoran BPIH.

Kakanwil berpesan kepada jamaah untuk mempersiapkan fisik, mental, dan material untuk kelancaran ibadah haji termasuk pula berusaha untuk memperlancar amalan manasik haji yang menjadi sunnah haji sesuai dengan kemampuan. ‘‘Berhaji tidak membaca doa-doa, hajinya tetap sah, tetapi sangat sayang kesempatan berdoa di waktu dan tempat yang mustajab tidak dipergunakan dengan baik untuk berdoa’‘, kata Kakanwil.

Kakanwil juga mengingatkan pentingnya niat yang lurus dalam beribadah haji hanya untuk Allah swt. Dengan niat haji yang benar-benar hanya untuk Allah akan membawa pada kesempurnaan ibadah haji dan umrah. Sebaliknya niat yang tidak tepat (niat haji untuk berwisata, berdagang, ataupun riya’) berakibat pada cacatnya ibadah haji yang telah dilaksanakan dengan biaya yang mahal. “Tidak ada bekal yang lebih baik untuk berhaji, kecuali bekal taqwa”, tandasnya

Terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji, Khaeruddin menyampaikan bahwa keberhasilan penyelenggaraan haji diukur berdasarkan jamaah yang terdaftar dapat diberangkatkan ke Tanah Suci, jamaah yang diberangkatkan memperoleh akomodasi, konsumsi, dan transportasi, jamaah yang diberangkatkan bisa melaksanakan wukuf (yang sakit disafari wukufkan, yang meninggal di badalkan), dan jamaah yang telah berhaji dapat dipulangkan ke tanah air kecuali yang meninggal. (fat)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.044465 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1634753
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.