Rabu, 26 Juni 2013 – Pendis & Madrasah, Kankemenag
Evaluasi Madrasah Penting untuk Capai 8 Standar Nasional Pendidikan

Blora – Evaluasi Madrasah sangat penting untuk bisa memenuhi 8 standar Pendidikan nasional yang ditetapkan pemerintah serta Standar Pelayanan minimal yang harus dipenuhi madrasah, untuk itu diharapkan melalui diklat evaluasi diri madrasah, masing masing madrasah bisa melakukan apa saja proses evaluasi yang harus dilakukan oleh stakeholder madrasah baik tentang kurikulum, teknik pembelajaran, evaluasi ujian siswa dan lainnya.

Demikian disampaikan oleh Kepala Balai Diklat Keagamaan Semarang melalui kasi Tenaga Teknis dan tenaga administrasi Balai Diklat keagamaan Semarang, Drs. Mukhroji Arifin, M.PdI dalam acara penutupan diklat evaluasi diri madrasah pada Minggu (23/6) di gedung MTs. Ma’arif 1 Blora.Beliau juga menyatakan bahwa melalui adanya diklat kehumasan dan keprotokolan yang berakhir pada kamis (20/6) lalu diharapkan akan ada peningkatan kualitas bagiu pegawai dalam memberikan informasi publik dan hubungan kerjasama dengan masyarakat serta pemahaman keprotokolan di instansi kementerian Agama Kabupaten Blora baik di KUA, Madrasah maupun Kankemenag Blora.

Begitu pula melalui diklat evaluasi diri madrasah diharapkan akan ada peningkatan evaluasi yang bertujuan bagi peningkatan mutu instansi baik kelulusan siswa, metode pembelajaran, serta manajemen pendidikan di madrasah maupun kelembagaan dengan tetap berpedoman pada upaya memperbaiki empat prinsip, yakni memperbaiki pola kepemimpinan, manajemen madrasah, standar pelayanan masyarakat, peningkata mutu pendidik dan tenaga pendidikan dengan mengacu ketercapaian pada 8 standar nasional pendidikan, yakni standart konmpetensi lulusan, isi, proses, tenaga pendidik dan kependidikan,sarana prasarana, pengelolaan pendidikan,pembiayaan pendidikan, penilaian pendidikan.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Blora, Drs. H. Tri Hidayat yang menyampaikan rasa terima kasih atas ilmu yang diberikan oleh para Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Semarang kepada para guru maupun Kepala sekolah madrasah di Kabupaten Blora yang telah mengikuti diklat tersebut.Peningkatan kualitas pendidikan di madrasah sangat penting sebagai upaya meningkatan mutu lembaga, siswa dan tenaga guru serta manajemen madrasah. Maka evaluasi menjadi kebutuhan urgen baik untuk memacu prestasi siswa melalui metode pengajaran yang lebih aktual, kreatif dan inovatif sehingga madrasah mempunyai kompetensi lulusan yang lebih berkualitas dengan tambahan bekal ilmu agama selain ilmu umum, maupun memperbaiki stakeholder yang ada di madrasah baik guru, yayasan dan tenaga administrasi lainnya yang sangat mempengaruhi kemajuan madrasah.

Begitu pula diklat kehumasan dan keprotokolan menjadi bekal bagi pelayanan informasi publik serta fungsi kerjasama dengan masyarakat dalam mendukung program keagamaan bagi Kementerian Agama Kabupaten Blora.

Sementara itu, koordinator peserta diklat evaluasi diri madrasah, Drs. Kusman menyatakan pihaknya sangat berterima kasih atas ilmu yang diberikan sehingga meskipun berada di daerah pelosok, namun akhirnya bisa mendapatkan materi tentang Evaluasi Madrasah sehingga bisa memahami apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas madrasah. Acara pun dilanjutkan dengan penyerahan produk peserta DDTK evaluasi diri madrasah maupun kehumasan dan keprotokolan kepada Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora dan Balai Diklat Keagamaan Semarang. (ima)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.048093 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1554891
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.