5 Pasti Umrah: Hati-Hati Biro Nakal yang Tawarkan Umrah Murah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonogiri – Masyarakat yang berniat melaksanakan umrah harus hati-hati memilih travel atau Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Masyarakat khususnya umat muslim harus selalu jeli dan kritis terhadap penawaran paket umroh sangat murah. Umat Islam yang akan menunaikan ibadah umroh harus mau mengecek agen umroh itu resmi atau tidak. Sehingga benar-benar bisa nyaman ketika menunaikan ibadah umroh mulai berangkat sampai pulang lagi ke tanah air.

Agar masyarakat terhindar dari permainan PPIU nakal minimal dengan deteksi lima cara. Di antaranya dengan memastikan agen perjalanan itu resmi, memastikan penerbangan dan jadual keberangkatan, memastikan program layanan, memastikan hotel dan terakhir agar memastikan visa.

Hal tersebut ditegaskan Plt. Kepala Kankemenag Kabupaten Wonogiri, Muslim Umar dalam acara Sosialisasi Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU), Selasa (01/11) di RM. Paryanti Wonokarto yang di ikuti Pengurus IPHI, Kepala KUA dan tokoh agama.

Menurutnya, jamaah yang hendak berumrah harus betul-betul mencermati PPIU yang akan dipilih dengan menekankan “Lima Pasti” sebagai jaminan pelayananya. Yang meliputi Pertama; pastikan apa nama PPIU itu, dan pastikan apakah PPIU tsb sudah resmi mendapat izin dari Kemenag. Kedua; pastikan kapan (tgl dan jam) jadwal keberangkatan ke tanah suci dan pastikan apa nama maskapai & nomor penerbangannya.

Ketiga; pastikan berapa harga paket umrah, dan pastikan apa saja pelayanan yg didapat jamah dg harga tsb.

Keempat; pastikan apa nama dan alamat lokasi hotel yg akan didiami selama jamaah berada di tanah suci.  Dan  Kelima; pastikan visa yg digunakan dalam perjalanan umrah.

Menyinggung tentang maraknya penelantaran baik terhadap calon haji maupun umroh yang saat ini sering terjadi, Muslim umar,  mengimbau masyarakat untuk berhati-hati memilih biro perjalanan umrah guna mencegah penipuan seperti gagal berangkat atau telantar di Tanah Suci atau di negeri orang.

Untuk itu biro perjalanan haji khusus dan umroh harus memehuhi peraturan dan standar operasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Legalitas menjadi sangat penting pada saat ini, karena dengannya biro perjalanan umrah dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.

Saat ini pemerintah memberikan perhatian lebih terhadap ibadah umrah yang diselenggarakan oleh swasta, hal ini mengingat banyaknya masyarakat yang merasa dikecewakan oleh biro perjalanan umroh tersebut, untuk partisipasi dari masyarakat juga sangat di perlukan.  (mursyid_heri/gt)