641 Calhaj Banyumas Lunasi BPIH

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purwokerto – Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, Amirudin mengatakan hingga Kamis (19/4) sebanyak 641 orang Calon Jamaah Haji Banyumas, telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Tahun 2018. BPIH 2018 tahap pertama mulai dilaksanakan sejak 16 April hingga 4 Mei 2018 mendatang.

“Hingga Kamis, sudah 641 orang melunasi BPIH,” katanya.

Menurut Amirudin pelunasan tahap pertama diperuntukkan bagi orang yang belum pernah melaksanakan ibadah haji, sedangkan tahap kedua, mulai dilaksanakan pada 16 Mei hingga 25 Mei 2018 sisanya.

“Tahap kedua diperuntukkan bagi yang sudah pernah haji, usia lanjut yang lolos verifikasi, dan penggabungan suami dan istri yang terpisah, serta orang tua dan anak yang terpisah, selain itu, apabila masih ada kuota diberikan kepada cadangan sebanyak lima persen,” katanya.

Amirudin menambahkan jumlah kuota haji untuk Banyumas adalah 1.120 orang, dengan BPIH sebesar Rp 35.933.275, sedangkan untuk tim pemandu haji daerah atau TPHD, masing-masing sebesar Rp 63.640.120.

“Untuk jadwal keberangkatan untuk Kabupaten Banyumas belum ditentukan karena masih menunggu hasil penentuan dari tingkat provinsi. Namun pemberangkatan secara nasional diperkirakan akan dimulai pada 16 Juli,” katanya.

Untuk itu, dia mengingatkan seluruh calon jamaah haji asal Kabupaten Banyumas agar terus menjaga kesehatan dengan tujuan agar mereka dapat berangkat sesuai jadwal yang telah ditentukan nantinya.(hk/bd)