Sambut Hari Jadi Kabupaten dan Bulan Suci Ramadan, Selenggarakan Semaan Al-Qur’an

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Note :

Pak, maaf masuk web daerah saja ya…..

========================================================================

 

Wonogiri – Dalam rangka menyambut masukknya bulan suci Ramadan 1439 H sekaligus rangkaian kegiatan memperingati hari jadi ke-277 Kabupaten Wonogiri bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Rabu (16/05) di selenggarakan kegiatan semaan Al Qur’an  yang dilaksanakan oleh Khafid khafizhoh dan masyarakat wonogiri.

Turut hadir dalam acara tersebut Ka. Kankemenag Wonogiri, H. Subadi, Pengurus MUI Wonogiri, Kabag Kesra Setda Kabupaten Wonogiri, ASN kankemenag Wonogiri, guru pendidikan agama Islam dan umat muslim di Wonogiri.

Menurut Ka. Kankemenag Wonogiri, H. Subadi semaan Al Qur’an  bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar mengayomi, membimbing dan memberikan kekuatan lahir batin kepada pemimpin dan pengambil kebijakan di jajaran pemerintah Kabupaten Wonogiri sehingga dapat menjaga pembangunan mental dan spiritual serta melimpahkan rizki, kesehatan, ketentraman dan  kedamaian masyarakat Wonogiri.

Proses semaan Al-Qur’an menurut Subadi adalah kegiatan muslim mendengarkan, menyimak lantunan Ayat-ayat suci Al Qur’an yang dilantunkan oleh khufadzul Qur’an (penghafal Al-Qur’an). Dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah untuk jalan menuju taubat sekaligus menjadi sarana introspeksi diri.

Sedang menurut Kasi Bimas Islam Kankemenag Wonogiri, Hidayat Masykur selaku panitia pelaksana semaan menyampaikan tujuan dari kegiatan semaan Al-Qur’an adalah solusi mencari kesejukan kedamaian untuk ketentraman hati dengan mendengar ayat-ayat Al-Quran, meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaatnya membaca Al-Qur’an, meningkatkan tingkat religiusitas di masyarakat, menjalin ukhuwah Islamiyah dan menjalin silaturahim antar para jamaah serta menjadikan masyarakat yang religius dan memperluas kegiatan dakwah Islam.

Kegiatan menyimak ini berlangsung seharian penuh dijeda dengan pelaksanaan sholat yang di kerjakan secara berjama’ah. Masyarakat Wonogiri secara berangsur-angsur memadati pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri guna untuk mendengarkan dan menyimak pembacaan Al-Quran oleh para penghafal Al Qur’an.

“Menghafalkan Al-Qur’an adalah bentuk nyata karena cinta kepada Allah SWT dan Rosulullah SAW, berharap akan ridho-Nya, dan agar beruntung mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat termasuk jama’ah yang menyimaknya.” Imbuhnya.

Selain semaan Al Qur’an kegiatan keagamaan yang akan di laksanakan dalam rangka hari jadi ke-277 Kabupaten Wonogiri adalah doa bersama antar umat beragama, pentas seni Islami, ziarah ke makam RM. Said dan tabligh akbar. (Mursyid_Heri)