Jateng Selesaikan Distribusi Tas Jemaah Haji Tahun 2018

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (PHU) – Menjelang persiapan operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun 1439 H/2018 M Kementerian Agama telah menyiapkan tas barang bawaan jemaah haji yang terdiri dari koper besar, tas kabin dan tas paspor, demikian disampaikan Thohir Luthfi selaku Kepala Seksi Akomodasi, Transportasi, dan Perlengkapan Haji pada Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Bidang PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Tengah.

“Keberangkatan jemaah haji yang melalui Embarkasi Solo tahun ini akan menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan jenis pesawat Airbus 330. Nantinya akan membawa jemaah haji satu kloter yang berjumlah 360 orang. Dan untuk tas jemaah haji tahun ini berwarna biru, yang ditambah dengan logo Kementerian Agama, Maskapai Penerbangan dan bendera Merah Putih,” terang Thohir saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (06/06).

Dijelaskan bahwa tas haji jemaah tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk tahun ini tas jemaah haji terdiri dari 3 set yaitu, tas koper besar dilengkapi tali penarik dan 2 roda; yang biasanya ditambah dengan tas tenteng diganti tas kabin model terbaru; dan juga dilengkapi dengan tas paspor.

Terkait dalam hal penerimaan tas jemaah haji dijelaskan bahwa untuk Provinsi Jawa Tengah jumlah tas jemaah haji yang diterima dari provider sebanyak 30.909 set tas jemaah haji. Dengan jadwal pengiriman dari provider secara bertahap yang dimulai pada tanggal 22 Mei s.d. 22 Juni 2018.

“Sebanyak 28.142 set tas jemaah haji telah diambil oleh petugas dari Kankemenag Kabupaten/Kota sesuai dengan jumlah jemaah hajinya yang melunasi BPIH, dan kita masih menyisakan 2.767 set tas jemaah. Terakhir yang telah mengambil tas jemaah hajinya dari Kankemenag Kabupaten Temanggung pada tanggal 29 Mei 2018” pungkasnya. (djs/sua).