Di Hari Tasrik, Kemenag Pati Kembali Bagikan Hewan Qurban

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Hari raya Tasrik merupakan hari yang perlu dirayakan bagi umat agama Islam ,moment ini dirayakan keluarga besar Kantor Kementeriaan Agama Kabupaten Pati dengan menyerahkan satu ekor sapi untuk Qurban. Penyerahan hewan Qurban tersebut secara simbolis diterimakan kepada takmir masjid jami’ Al furqon desa Jrahi Kec. Gunung wungkal dan akan dibagikan langsung kepada masyarakat yang belum menerima daging Qurban.
Dihari pertama tasrik yang jatuh pada hari Kamis (23/8/2018), Kepala Kantor Kementeriaan Agama Kabupaten Pati menyerahkan bantuan seekor sapi Qurban, pemberian hewan Qurban tersebut salah satu lanjutan pembagian hewan qurban dari keluarga besar Kantor Kementeriaan agama Kab. Pati melanjutkan pemberiaan hewan Qurban untuk dibagikan kepada masyarakat di daerah terpencil di lingkungan Kab. Pati.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh muspika, Camat Gunung Wungkal, ormas dan panitia masjid.
Menurut Kepala Kankemenag Kab. Pati Imron, dihari kedua dan hari ketiga tasrik dzulhijah penyerahan hewan Qurban boleh saja dilakukan karena batas pemberian hewan Qurban adalah tanggal 13 dzulhijah, karena hari raya tasrik bagi umat islam masih dibolehkan untuk merayakan dan diharamkan bagi umat islam yang berpuasa.

Lebih lanjut penyerahan seekor sapi untuk Qurban yang diberikan kepada ketua takmir masjid merupakan progam rutinitas setahun sekali dihari raya Idul Adha, sehingga dengan adanya pemberiaan hewan Qurban ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang menerima,

Sementara itu ketua takmir masjid Al Furqon Akhmad Sayukno menuturkan, dengan pemberian hewan Qurban pada hari raya tasrik ini salah satu bentuk kepedulian Kantor Kementeriaan Agama Kabupaten Pati sehingga masyarakat yang belum kebagian daging Qurban akan kebagian daging Qurban dengan adanya pemberian hewan Qurban tersebut. (Am/bd)