081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

MAN 2 Pati Peringati Hari Santri Dengan Membaca Sholawat Nariyah Dan Tahlil Massal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Dipagi yang cerah, Suasana berbeda terlihat di halaman MAN 2 Pati. Civitas MAN 2 Pati terlihat mengenakan baju muslim dan sarung. Tampak peserta didik tanpa terkecuali mengenakan sarung dengan rapi. Ternyata saat itu MAN 2 Pati sedang menggelar upacara bendera peringatan Hari Santri Nasional tahun 2018, Senin (22/10/2018).

Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri merupakan babak baru dalam sejarah umat Islam Indonesia. Mulai hari itu, kita dengan suka cita memperingati Hari Santri yang merupakan wujud relasi harmoni antara pemerintah dan umat Islam, khususnya bagi kalangan kaum santri, demikian sambutan Menteri Agama RI yang dibacakan oleh Kepala MAN 1 Pati Sutarmo.

Melalui upacara bendera Hari Santri kali ini, saya ingin menyampaikan bahwa Kementerian Agama pada peringatan tahun 2018 ini mengusung tema “Bersama Santri Damailah Negeri”. Isu perdamaian diangkat sebagai respon atas kondisi bangsa Indonesia yang saat ini sedang menghadapi berbagai persoalan, seperti maraknya hoaks, ujaran kebencian, polarisasi simpatisan politik, propaganda kekerasan, hingga terorisme, lanjut Sutarmo dalam amanatnya.

Pada peringatan Hari Santri ini diharapkan para peserta upacara menjadi garda terdepan mewujudkan keutuhan NKRI, menegakkan Pancasila, melaksanakan UUD 45, menjaga Bhineka Tunggal Ika, seperti yang tertuang dalam empat pilar kebangsaan, ujar Sutarmo.

Upacara bendera Hari Santri di MAN 2 Pati tahun ini ditutup dengan menyanyikan lagu Mars Santri yang diikuti oleh semua peserta upacara. “Menambah semarak dan hikmad karena dinyanyikan secara bersama dengan mengangkat dan mengepalkan tangan kanan. Dengan harapan memotivasi kita semua untuk bangkit, semangat berkompetisi dengan sehat sesuai semboyan MAN 2 Pati Spirite of Competition”.pungkasnya

Pembacaan sholawat nariyah dan tahlil massal yang dipandu secara sentral dari ruang tata usaha, mengakhiri peringatan Hari Santri di MAN 2 Pati setelah pelaksanaan upacara bendera. Dan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar khusus pada hari itu dimulai setelah jam istirahat pukul 10.10 WIB.(AM/bd)