Sosialisasi UNBK Sekaligus Penandatangan Pakta Integritas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kudus – Dalam rangka  persiapan  UNBK Tingkat SMP/MTs di Kabupaten  Kudus, Kantor Kementerian Agama Kabupaten  Kudus bekerjasama dengan Dinas Pendidikan  Kepemudaan dan Olah Raga (Disdikpora) menggelar sosialisasi UNBK sekaligus penandatanganan Pakta Integritas yang  diikuti sebanyak 19 sekolah dari tingkat SMP/MTs  yang dilaksanakan  di SMKN 1 Kudus,  (13/3).

Tahun ini di Kabupaten Kudus masih melaksanakan UNBK dengan menumpang ke sekolah lain. Hal ini karena belum adanya sarana dan prasarana yang memadai untuk pelaksanaan UNBK di sekolah tersebut.

Kepala  Disdikpora Kabupaten Kudus, Joko Susilo menyampaikan tahun ini  ada 28 SMP  Negeri, 21 SMP swasta, 2 MTs Negeri  dan 63 MTs swasta yang mengikuti  UNBK .

“Sekolah yang mengikuti UNBK mandiri ada 94 sekolah, terdiri dari 27 SMP negeri, 8 SMP swasta, 2 MTs negeri  dan 57 MTs swasta . Kalau dibandingkan dengan tahun lalu pelaksanaan UNBK mandiri ada peningkatan, karena tahun sebelumnya ada 55 sekolah yang masih menumpang sekolah lain“. tuturnya.

Joko menambahkan secara umum pelaksanaan UNBK hampir sama . Perbedaanya hanya pada pengelolaan yang semula menjadi satu di lembaga penjaminan mutu  pendidikan (LPMP), tahun ini dikelola oleh Dinas Provinsi Jawa Tengah namun penilaian dan ketentuan kelulusan masih sama.

Selanjutnya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus, Noor Badi dalam sambutanya mengatakan bahwa kesiapan UNBK tahun ini lebih baik dibandingkan tahun lalu  dan koordinasi Pelaksanaan UNBK dengan Disdikpora  kita tingkatkan.  Harapan beliau dengan adanya kejasama ini pelaksanaan UNBK diKabupaten Kudus berjalan lancar dengan hasil yang baik.

Pada acara tersebut dilaksanakan penandatanganan Pakta Integritas pelaksanaan UNBK 2019. Untuk MTs diwakili Ka MTs NU Banat Kudus, Sholichah disaksikan oleh Kepala Disdikpora dan Kepala Kemenag beserta jajaranya. (St. Zul/wwk/bd).