081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Bantu Dhuafa, BAZNAS Blora Renovasi Rumah Warga

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Blora – Seorang janda, bernama Siti Damiyatini, tinggal di Kelurahan Tegalgunung RT 06 RW 01 Kecamatan Blora Kota, Kabupaten Blora, mendapatkan bantuan renovasi rumah dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Blora pada Kamis (04/04).

Wakil Bupati Blora, Arif Rahman bersama Komisioner BAZNAS, Nur Rohim, OPD terkait,perangkat desa dan tokoh masyarakat setempat menyerahkan bantuan berupa renovasi rumah bagi warga Dhuafa tersebut langsung dan berharap bisa meringankan serta memberikan rumah layak Huni.

“Kami berharap bantuan renovasi rumah yang diberikan BAZNAS dari uang zakat ASN baik lingkungan Pemkab maupun Kemenag ini bisa bermanfaat sebagai kepedulian terhadap sesama,” paparnya serius.

Siti merupakan kaum dhuafa yang tinggal berlima dengan dua anak, merawat ayah dan paman yang sedang sakit, dimana kondisi rumah Siti, terbuat dari material kayu yang sebagian lapuk, dan akibat hujan deras yang mengguyur Blora beberapa hari terakhir, beberapa bagian rumah ini nyaris roboh.

Siti ditinggal mati suaminya sekitar dua tahun yang lalu, dua anaknya telah lulus sekolah sangat berterima kasih atas bantuan tersebut karena selama ini pihaknya kebingungan mendapatkan uang untuk memperbaiki rumah, karena untuk mencukupi kebutuhan sehari hari sudah pas pasan.

Meski demikian, Siti mengaku telah menerima bermacam bantuan dari pemerintah melalui sejumlah program sosial. Janda ini menyebutkan, dirinya merupakan pemegang kartu jaminan sosial seperti PKH, BPNT, dan JKN-KIS.
“Di rumah ini ada lima penghuni. Saya bersama kedua anak saya, ditambah Bapak dan Paman saya yang keduanya sakit sehingga harus saya rawat. Untuk keperluan sehari-hari mengandalkan anak saya yang kerja jadi penjaga toko,” tutur Siti.

Terkait renovasi, Ketua Baznas Blora, Ali Muhdlor mengungkapkan, bantuan yang diberikan bukan dalam bentuk uang tunai namun berupa material kayu dan sebagainya untuk kepentingan rehab rumah yang langsung dikerjakan oleh tukang dari Baznas dengan biaya total Rp 15 juta.

“Alhamdulillah tadi dibantu anggota TNI, Polri dan perangkat dari Kelurahan Tegalgunung, bersama para tetangga untuk pembongkarannya. Kayu yang baru juga sudah didatangkan untuk pengganti kayu lama yang sudah lapuk. Semoga bisa bermanfaat,” terang Ali Muchdhor di lokasi.

Selama proses renovasi berlangsung, lima orang penghuni rumah tersebut akan tinggal sementara di rumah kerabatnya tak jauh dari rumah tersebut.

Sementara itu, Kementerian agama melalui Gara syariah, Amalia Winarni menyampaikan bahwa pihaknya sangat apresiasi dengan bantuan BAZNAS yang diberikan kepada mustahiq, demikian juga UPZ Kementerian Agama Blora juga menyalurkan bantuan kepada kaum dhuafa.(ima/rf)