Berdikari Untuk Negeri, Pramuka MAN 1 Brebes Adakan PTP

Brebes – Pramuka Fatahilah-Rasuna Sad MAN 1 Brebes tanggal 22 s.d. 24 Januari  2021 mengadakan kegiatan Penerimaan Tamu Penegak (PTP). Meski masih di tengah pandemi Covid 19, Pramuka tetap eksis menyelenggarakan agenda tahunannya meski dengan mengalami beberapa perubahan agenda  salah satunya dengan  tidak mengadakan kegiatan perkemahan. Meski demikian, PTP berjalan dengan sukses dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Pada tahun ini, PTP mengusung  tema Berdikari untuk negeri, mewujudkan mimpi di tengah pandemi. Tujuan diadakan kegiatan  ini  untuk melantik peserta menjadi  Pramuka Penegak, yang sebelumnya peserta masih berstatus Pramuka Penggalang. Tujuan lain dari kegiatan PTP ini adalah menciptakan kader- kader pramuka yang unggul dan berkualitas agar dapat mengikuti kegiatan d iluar madrasah dengan baik melalui  proses dan lomba –lomba yang telah dilaksanakan.

Acara dihadiri oleh Pembina, H. Syefuri dan diikuti oleh seluruh kelas X, dengan jumlah peserta dibatasi perhari nya yaitu 80 orang mengingat anjuran pemerintah untuk menghindari kerumunan di masa sekarang ini. Acara juga dihadiri oleh para alumni  MAN 1 Brebes yang pada masanya adalah pegiat Pramuka.

Kegiatan pada Penerimaan Tamu Penegak lebih menekankan pada kegiatan antara lain lomba pionering, make up dan fashion, bakyak, LCTP dan PBB serta ada beberapa materi yang disampaikan seputar Pramuka Penegak.

“Semoga dengan kegiatan ini anak-anak dapat belajar berdikari, mandiri, memiliki keterampilan, dan mampu menghadapi segala permasalahan meski dihadapkan pada situasi yang tidak menentu seperti sekarang ini,”  tutur H. S yefuri, Pembina Ekstrakurikuler Pramuka MAN 1 Brebes.(Aini Salsabila/Sua)