Kemenag Kab. Tegal Peringati HAB ke-75 dengan Upacara Sederhana

Tegal (Slawi) – Kementerian Agama Kab. Tegal memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke-75 dengan upacara bendera sederhana yang dilaksanakan di lapangan tenis outdoor milik Kemenag Kab. Tegal pada Selasa (05/01/2021). Upacara diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari Kepala Sub. Bag. Tata Usaha, Para Kasi dan Penyelenggara, Kepala-kepala Madrasah Negeri, Kepala KUA, Para Pengawas, Para Penyuluh, Perwakilan dari Madrasah Negeri masing-masing 10 orang dan seluruh ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Tegal.

Bertindak selaku Pembina Upacara adalah Sukarno, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tegal. Para petugas upacara diambil dari personil MTs Negeri 2 Tegal dan paduan suara berasal dari para guru dan pegawai MTs Negeri 3 Tegal. Upacara berlangsung dengan khidmat dan lancar.

Dalam amanatnya, Sukarno membacakan Pidato Menteri Agama RI dalam rangka HAB ke-75 yang intinya meningatkan tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama.

Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan agama. Yang kedua, penguatan moderasi beragama yang salah satu penekanannya pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi dan nilai-nilai kebangsaan,” ungkap Sukarno.

“Sedangkan yang ketiga adalah persaudaraan yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan,” tambah Sukarno.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sukarno mengajak untuk selalu mengedepankan akal sehat dan hikmah/kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun di masa-masa yang akan datang agar kedamaian dan kerukunan selalu tercipta dan terjaga di tengah-tengah hidup bermasyarakat, bernegara dan berbangsa.

Di akhir upacara, Sukarno menyerahkan penghargaan Satya Lencana Karya kepada dua orang ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Tegal dan penyerahan penghargaan kepada siswa-siswi Madrasah di Kabupaten Tegal yang menorehkan prestasi bagi alma maternya. (AS/qq)