Pantau Pembelajaran Siswa, MTsN 2 Rembang Adakan Home Visit

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — Untuk memantau dan mengetahui kendala yang di hadapi siswa selama Pembelajaran Jarak Jauh, MTs Negeri 2 Rembang melakukan kunjungan ke rumah siswa (home visit). Kegiatan ini dilakukan oleh beberapa guru kepada sejumlah siswa.

Kepala MTS Negeri 2 Rembang, Yunus Anis  mengatakan fasilitas home visit ke rumah siswa dilakukan agar dapat mengetahui kendala siswa.  Terutama yang tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran ataupun Penilaian Akhir Semester (PAS). Hal ini mengingat masih ada siswa yang belum mengikuti PAS ataupun masih ada yang memiliki nilai di bawah KKM. Sehingga hal ini perlu untuk ditindak lanjuti untuk mengantisipasi akhir tahun ajaran ini tidak ada permasalahan nilai pada siswa.

”Kita harus memberikan pelayanan kepada siswa secara optimal agar kendala yang dihadapi siswa dapat di atasi bersama orang tua dan guru,” katanya saat rapat koordinasi dengan Waka pada  Selasa(26/1/2021) di ruang kepala MTs Negeri 2 Rembang.

Yunus mengatakan, pihak madrasah harus mengetahui alasan siswa tidak bisa mengikuti proses pembelajaran dan Penilaian akhir Semester, sehingga madrasah bisa memberikan solusi yang tepat. ”Semua siswa berhak mendapatkan pelayanan bimbingan dalam kondisi apapun,” pungkasnya.

Sementara guru bimbingan TIK,  Slamet Winarto,  mengatakan, tidak sepenuhnya siswa bisa mengikuti Proses pembelajaran ataupun PAS karenaberbagai macam kendala.

”Karena itu sangat perlu dilakukan kunjungan ke rumah siswa (home Visit). Kegiatan ini bertujuan memberikan layanan kepada siswa dan memberikan arahan secara langsung kepada siswa serta orang tua. Kemudian ditindaklanjuti dengan memberikan solusi,” katanya.

Salah satu orang tua murid yang mendapat kunjungan dari guru bimbingan TIK, Arif Efendi mengatakan adanya home visit dapat memberikan kesempatan kepada orang tua dan siswa untuk mengomunikasikan kendala yang mereka hadapi saat proses pembelajaran, utamanya saat PAS. ”Ahamdulillah, kami dapat pelayanan dan bimbingan sehingga Anak kami bisa termotivasi untuk melengkapi tugas pembelajaran ataupun PAS,” ucapnya saat mendapatkan kunjungan dari guru Bimbingan TIK. (Wient/iq/qq).