Peringati HAB Ke-75, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo Gelar Upacara Terbatas dengan Protokol Kesehatan

SUKOHARJO – Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama diperingati setiap 3 Januari di seluruh Indonesia. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukoharjo menggelar upacara untuk memperingati HAB Kemenag pada Selasa (5/1/2021) sesuai Surat Edaran Sekjen Kementerian Agama Nomor 69 Tahun 2020 tentang Hari Amal Bakti Ke-75 Kementerian Agama RI Tahun 2021.

Upacara bendera pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena dalam suasana pandemi Covid-19. Pada tahun ini, Kantor Kemenag Sukoharjo menggelar secara terbatas yang dihadiri sekitar 50 peserta yang terdiri dari pegawai di lingkungan Kantor Kemenag Sukoharjo.

Peserta upacara wajib menegakkan protokol kesehatan dengan memakai masker serta jarak peserta di atur sekitar 1 meter antar peserta. Tampak karangan bunga yang dikirim oleh rekanan Kantor Kemenag Sukoharjo sebagai ucapan selamat HAB ke-75.

Kepala Kankemenag Sukoharjo, Ihsan Muhadi, bertindak sebagai inspektur upacara. Pada amanatnya, Ihsan Muhadi membacakan sambutan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Peringatan HAB Kemenag tahun ini mengusung tema “Indonesia Rukun”. Tema tersebut sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju.

Menurut Menteri Agama, semangat Kemenag baru dapat diterjemahkan dengan tiga kata kunci. Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik.

“Termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan,” kata KaKankemenag Sukoharjo membacakan sambutan Menteri Agama.

Selanjutnya kata kunci yang kedua, penguatan moderasi beragama. Penekanan moderasi beragama antara lain pada aspek penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan.

Ketiga, masih kata Ihsan membacakan Sambutan Menteri Agama, mengokohkan persaudaraan. Poin Ini meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan se-Tanah Air, dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

“Saya ucapkan selamat kepada bapak ibu semua, dan tetap menjaga kesehatan serta selalu tingkatken kinerjanya,” pesan Ihsan Muhadi di akhir upacara.

Selesai upacara dilanjutkan pengumuman dan penyerahan hadiah berbagai perlombaan yang digelar dalam rangkaian menyambut HAB Kemenag. Lomba-lomba tersebut antara lain lomba kebersihan dan protocol kesehatan, lomba adzan dan MTQ bagi siswa madrasah, dan lomba video pendek tentang profil madrasah dan KUA.

Ketua Panitia peringatan HAB Kemenag Knkemenag Sukoharjo, T. Istanto, mengungkapkan bahwa peringatan pada tahun ini berbeda di mana panitia tidak mengeluarkan biaya apapun dan mulai bergeser ke digital.

“Sesuai arahan KaKankemenag Sukoharjo, berbagai lomba dilaksanakan dengan protokol kesehatan, biaya sedikit, tetapi tetap terlaksana meriah dan berkualitas,” ujar T.Istanto.

Lebih lanjut pria yang menjabat Kasi PAIS Kankemenag Sukoharjo menjelaskan bahwa upacara peringatan HAB kemenag merupakan punca acara kegiatan yang sebelumnya berbagai kegiatan telah digelar selain perlombaan. Kegiatan tersebut antara lain penyerahan paket sembako ke kaum dhuafa, alat peraga ke RA/BA, penyerahan bantuan dana 5 juta ke RA Perwanida Gatak.

“Kami juga menggelar senam dan gowes bersama secara terbatas bagi pegawai kankemenag mengingat suasana pandemi supaya tidak terjadi kerumunan,” terang T.Istanto.

Selain itu, masih kata T.Istanto, kegiatan rutin tahunan yang kembali digelar yakni donor darah dengan menggandeng PMI dan gerak jalan sehat .

“Semua kami laksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, supaya tetap terjaga kesehatan,” pungkas T.Istanto.(pry/djp/rf)