ASN Harus Jadi Role Model Pelaksanaan 5M

Kendal – Bertambahnya pasien positif Covid-19, semakin menambah suasana keprihatinan di tengah masyarakat. Maka dari itu, penerapan protokol kesehatan (prokes) harus lebih ketat, baik di lingkung keluarga, masyarakat maupun instansi. Untuk itu dalam upaya sosialisasi dan edukasi penerapan protokol kesehata, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal gelar rapat koordinasi penerapan 5M, Selasa (02/02) di aula kantor setempat.

Dalam Kesempatan itu, Kepala Kemenag Kendal, Mahrus mengharapkan ASN Kementerian Agama sebagai role model dalam pelaksanaan penerapan protokol kesehatan 5M yang dicanangkan oleh Menteri Agama, ” ASN harus menjadi model aalam penerapan prokes baik dikantor maupun di masyarakat,”

Menindaklanjuti instruksi Menteri Agama RI terkait dengan penegakan disiplin prokes dan penanganan covid 19 diseluruh jajaran ASN, Kemenag Kendal turut ambil bagian dengan mengundang segenap jajaran mulai dari Kasubag TU, para Kasi dan Penyelenggara, kepala Madrasah, kepala KUA, penyuluh agama serta pengawas sebagai garda depan pelayanan masyarakat untuk meningkatkan kepatuhan dalam penerapan prokes.

Secara gamblang Kepala Kemenag Kendal, Mahrus menjelaskan disiplin protokol kesehatan dengan menerapkan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi dan interaksi. Hal ini wajib diterapkan oleh setiap satker kemenag, dan sebagai tanggungjawab ASN  untuk menjadi teladan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan covid-19.

“5M harus dilakukan secara berkesinambungan dalam pelayanan pun harus dilaksanakan dengan ketat terlebih dalam pelaksanaan nikah,” terangnya.

Lebih lanjut Mahrus meminta setiap satker untuk membuat laporan terkait upaya pencegahan dan penanganan covid 19 yang telah dilaksanakan. Dirinya juga mengajak jajaranya untuk mengambil langkah strategis dalam mengkampanyekan penerapan 5M.

“Nanti kita coba untuk memanfaatkan media sosial dalam upaya kampanye penerapan 5M, melalui video menarik,” imbuhnya.

Dengan menegakan disiplin protokol kesehatan dilingkungan ASN diharapkan akan juga mendorong penerapan 5M di lingkungan masyarakat. (ja/bel/rf)