Begitu Maksimalnya MAN 2 Brebes Bimbing Lulusannya Masuk Perguruan Tinggi

Brebes – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Brebes, (MANDUBES) mengawal pendidikan siswa-siswinya dari hulu sampai ke hilir. Dari mulai diterima sebagai peserta didik, sampai bimbingan masuk perguruan tinggi. Hal tersebut dikatakan Drs. H. Lutfil Hakim, M.Pd., Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Brebes(MANDUBES), Rabu, 8 Februari 2021.               

“Bimbingan dan konseling di madrasah memiliki peranan penting dalam membantu peserta didik dalam mencapai tugas-tugas perkembangan sebagaimana tercantum dalam Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik dan Kompetensi Dasar (SKKPD),” kata Lutfil.

Sementara, menurut guru Bimbingan Konseling (BK), Tol'ah Aeni Firdiasih, banyak lulusan madrasahnya yang memiliki minat dan potensi untuk melanjutkan kuliah. Sehingga mereka membutuhkan bimbingan intens untuk bisa meraih cita-citanya.           

“Termasuk yang menjadi materi bimbingannya mencakup bagaimana mereka memahami minat dan bakat yang dimiliki agar menunjang perencanaan kuliahnya. Harapannya siswa tepat mengambil jurusan saat akan mengambil di perguruan tinggi,” ujar Tol'ah.             

Lianawati, guru BK lainnya mengungkap, BK MANDUBES memberikan layanan sangat maksimal, mulai dari bimbingan kelompok, dan individual bahkan kedua layanan tersebut bisa dilakukan melalui chating pribadi konseling dengan guru BK melalui smartphone.

Bimbingan masuk perguruan tinggi yang saat ini sedang berproses yaitu jalur SNMPTN dan SPAN PTKIN. Dua jalur tersebut merupakan jalur prestasi berdasarkan penilaian raport dan prestasi lainnya dari berbagai perguruan tinggi negeri.

Madrasah memfasilitasi siswa mulai dari bimbingan pemilihan jurusan kuliah, pembuatan akun LTMPT sebagai syarat mendaftar SNMPTN, pendaftaran kuliah melalui jalur SNMPTN dan SPAN PTKIN, sampai dengan registrasi ketika siswa dinyatakan lulus.

Upaya bimbingan tersebut merupakan layanan prima dari madrasah untuk mengarahkan siswa madrasahnya sukses meraih masa depan,“ pungkasnya.(ESW/Sua)