Dibawah Naungan Kemenag Kudus, Mahasiswa PPL Kelompok 3 Lakukan Go Green di KUA Kecamatan Kota Kabupaten Kudus

Kudus – Mahasiswa yang tergabung di kelompok 3 PPL Minor Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang yang bertempat di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus melakukan Go Green penanaman pohon pada Kamis (11/2/2021) yang dilakukan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kota Kabupaten Kudus.

Kegiatan Go Green ini salah satu program kegiatan dari mahasiswa PPL Kelompok 3 yang terakhir karena sebagai salah satu bentuk upaya mewujudkan kantor yang hijau dengan adanya penanaman pohon diarea sekitar kantor KUA, kegiatan ini juga merupakan kepekaan kita semua terhadap lingkungan yang indah, hijau, dan bersih guna menciptakan lingkungan yang sehat, kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa PPL, pembimbing lapangan, Kepala KUA serta beberapa pegawai lainnya.

Kepala KUA Bapak H. Ali Hasan, S. Ag, M. Pd.I dalam prosesi penerimaan kegiatan Go Green mengatakan bentuk penghijauan terhadap kantor yang sehat, bersih dan hijau, karena kantor KUA Kecamatan Kota ini termasuk baru.

“Kami dan saya pribadi sangat berterimakasih kepada para mahasiswa yang PPL yang sudah melakukan kegiatan Go Green di KUA Kecamatan Kota, karena kantor ini merupakan baru, jadi masih kurang tanaman dan penghijauan, kegiatan ini cocok dilakukan disini, berkat kegiatan yang dibawakan kantor akan membawa perubahan serta penghijauan lingkungan. Kedepannya semoga membawa kemanfaatan untuk kita semua.” Ungkapnya.

Perwakilan mahasiswa PPL mengatakan bahwa kegiatan ini salah satu bentuk mewujudkan kantor yang hijau dan bersih dengan dilakukannya kegiatan Go Green. Hasil koordinasi baik dengan pembimbing lapangan ditaruhlah kegiatan ini di KUA Kecamatan Kota. Dalam kegiatan ini para mahasiswa berinisiatif membawa pohon masing-masing dari rumah serta kebutuhan lainnya untuk ditanam di Kantor.

“Kegiatan ini sangat bagus sekali direalisasikan di KUA sini, mengingat disekitar kantor masih sedikit tanaman, maka diakhir menjelang selesainya PPL kami berinisiatif dan juga berkoordinasi dengan pembimbing lapangan dalam kegiatan Go Green. Penanaman ini nantinya membawakan kemanfaatan karena sebagai bentuk kesadaran terhadap lingkungan yang bersih, udara sejuk, dan sehat.” Ujar Syaifullah Fatah selaku koordinator kelompok.

Dalam kesempatannya, pembimbing lapangan Ibu Ana Durrotun Nafisah, S. H.I., M. Pd.I mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk penyuluhan, bentuk sosialisasi kesadaran terhadap lingkungan, dan juga bentuk penghijauan kantor.

“Saya sampaikan terimakasih banyak kepada para mahasiswa PPL atas kerjasamanya untuk kegiatan Go Green yang dilaksanakan di KUA Kecamatan Kota. Go Green ini merupakan tindakan penyelamatan bumi yang saat ini mengalami kerusakan dan pemanasan global, nah Go Green sering disebut penghijauan. Kegiatan ini baik dan diharap bisa diaplikasikan dilingkungan tempat tinggal masing-masing sebagai bentuk kesadaran terhadap lingkungan. Seperti yang sudah dilakukan yaitu penanaman pohon.” Jelasnya.( Durrotun Nafisah /wwk/bd)