Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Salatiga Visitasi ke Kemenag

Salatiga – Dalam rangka pengembangan bidang perpustakaan secara khusus di Kota Salatiga, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga melakukan pembinaan dan pendataan perpustakaan khusus yang ada di Kota Salatiga. Salah satunya adalah perpustakaan di Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Salatiga.

Sebanyak 6 orang anggota Tim Pembinaan dan Pendataan Perpustakaan Khusus Tingkat Kota Salatiga diterima langsung oleh Kepala Kankemenag Kota Salatiga, H. Taufiqur Rahman didampingi Arsiparis, Dwi Suryani, Kasi Pendidikan Madrasah, H. M Miftah dan Humas di ruang kerja Kepala Kankemenag Kota Salatiga, Senin (15/02).

Kakankemenag menyambut baik kedatangan Tim Pembinaan dan Pendataan Perpustakaan, beliau sangat mengapresiasi Dinas Perpustakaan yang berkenan melakukan pembinaan dan pendataan di Kankemenag Salatiga. Meskipun, Kankemenag belum memiliki perpustakaan yang representatif, beliau berharap jalinan kerjasama antar instansi ini bisa meningkatkan pengelolaan dan penataan arsip atau buku di Kemenag.

“Terima kasih atas kedatangannya bapak ibu. Untuk diketahui, saat ini kami masih mengelola arsip dengan cara konvensional dan masih banyak hal yang perlu dilakukan penataan dan pengelolaan. Maka dari itu bapak/ibu, kami mohon kerjasama dari Dinas Perpustakaan untuk membantu kami memajukan perpustakaan Kemenag.” jelas Taufiqur Rahman.

Kemudian dalam pertemuan tersebut, beberapa hal yang dibahas antara lain tentang data tentang buku keagamaan, pemberdayaan perpustakaan masjid, dan perpustakaan berbasis online.

Terkait dengan hal tersebut, Kepala Seksi (Kasi) Bina Perpustakaan dan Kearsipan Perusda Kota Salatiga, Rinaldi Anggoro Shakti menyampaikan, seiring dengan kemajuan teknologi informasi, pengelolaan arsip secara digital sangat diperlukan. “Saat ini kami sudah mempunyai aplikasi perpustakaan digital bapak, namanya “iSalatiga”. Jadi iSalatiga adalah aplikasi perpustakaan digital persembahan Kantor Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Kota Salatiga berbasis media sosial yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook,” jelas Shakti.

Kakankemenag sangat mengapresiasi perkembangan Dinas Perpustakaan Salatiga dalam mengikuti perkembangan jaman dan akan memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mempermudah pencarian informasi.  

Setelah berbincang-bincang sejenak di ruang kerja Kakankemenag, rombongan Tim Pembinaan dan Pendataan beralih menuju ruang perpustakaan. Dalam visitiasi tersebut, angggota tim melakukan pendataan buku-buku apa saja yang diarsipkan di perpustakaan. Selain itu, dilakukan juga pembinaan tentang pengelolaan dan penataan arsip yang benar. Mengingat pentingnya pengeloaan arsip, maka sinergitas dan kerjasama sangat diperlukan demi kemajuan perpustakaan Kemenag. Kedepan diharapkan, pengelolaan arsip di Perpustakaan Kankemenag Kota Salatiga akan lebih tertata, terinventarisir dan berkembang ke arah yang lebih baik sejalan dengan kemajuan teknologi dan informasi. “Semoga pembinaan oleh Dinas Perpustakaan bermanfaat untuk kemajuan perpustakaan Kemenag,” harapnya

Sebelumnya pada saat persiapan visitasi, Kakankemenag meminta jajaran Kemenag Kota Salatiga terutama arsiparis untuk mempersiapkan dengan sebaik-baiknya dengan melakukan penataan ruang arsip dan perpustakaan. “Arsip pasif yang sudah bisa dimusnahkan, hendaknya dilakukan pemusnahan sesuai regulasi pemusnahan arsip. Sedangkan arsip aktif yang bisa ditaruh di ruangan hendaknya tidak dimasukkan di ruang arsip. Ruang arsip hanya ditempati oleh berkas-berkas periode tertentu yang sewaktu-waktu masih dibutuhkan,” jelasnya.(Fitri-Khusnul/Sua)