Enam Siswa MTsN 3 Klaten Raih Medali Olimpiade AKM Literasi Nasional

Klaten – Prestasi sangat luar biasa membanggakan ditorehkan enam peserta didik dari MTsN 3 Klaten ditingkat nasional, berhasil memperoleh medali perak dan perunggu ajang Olimpiade AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Literasi Tingkat Nasional 2021 pada 14 Februari 2021 lalu secara online.

Kepala MTsN 3 Klaten, Suyanto sangat bersyukur dan akan selalu memberikan dukungan serta pendampingan kepada siswa-siswi madrasah dalam menyalurkan kemampuannya.

“Kami sangat bangga atas berbagai prestasi yang telah ditorehkan oleh siswa-siswi madrasah. Tentunya kami akan terus memberikan dorongan, semangat dan pendampingan semaksimal untuk meraih yang terbaik,” terang Suyanto setelah mendapatkan hasil final, Jumat, (19/2).

Suyanto berpesan, dengan prestasi yang luar biasa ini, semoga bisa menginspirasi siswa siswi lain dan juga madrasah lain untuk selalu berprestasi dan tetap rendah hati, tekun dan terus belajar raih prestasi.

“Selamat dan sukses untuk kalian berenam atas prestasinya meraih medali terima kasih sudah memberikan prestasi yang terbaik untuk mengharumkan MTsN 3 Klaten,” tandasnya. Meskipun ditengah situasi pandemi, peserta didik tetap bersemangat untuk meraih prestasi dan terus mengasah kemampuannya.

Lebih lanjut Suyanto mengatakan, Olimpiade AKM Literasi Nasional adalah sebuah event kompetisi yang diselenggarakan dengan tujuan menguji kemampuan dasar literasi anak bangsa dan memfasilitasi generasi untuk berprestasi.

“AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat,” ungkapnya.

Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM, literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi.

“Menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh siswa menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya.” imbuhnya.

Adapun peserta didik MTsN 3 Klaten yang berprestasi, Lutfiah Setiarini meraih perak, Habibi Aqilla Rizky Naya meraih medali perunggu, Rasya Aisha Nur Fatin meraih perunggu, Vadli Bagus meraih perunggu, Risya Fatimah Nur Fatin, meraih perunggu, dan Aprisna Tiasuri Indah KD meraih perunggu.(so_aj/Sua)