Guru Harus Mampu Berikan Contoh Baik Pada Murid

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Pendidikan dengan keteladanan berarti pendidikan dengan memberi contoh, baik berupa tingkah laku, sifat, cara berfikir, dan sebagainya. Keteladanan dalam pendidikan adalah metode influentif yang paling menentukan keberhasilan dalam mempersiapkan dan membentuk sikap, perilaku, moral, spiritual, dan sosial anak. Demikian Kasi PAIS Fakih Khusni mengawali sambutan pada Rapat Koordinasi dan Pembinaan Pengawas PAIS di Ruang Metting Pengawas PAIS Kecamatan Wadaslintang pada Selasa (16/02/2021).

Hadir pada acara ini seluruh Pengawas PAIS Kankemenag Wonosobo sejumlah 17 orang, pada kegiatan ini Kasi PAIS sampaikan penting nya media perangkat pembelajaran untuk mendukung suksesnya pembelajaran pada siswa. Berbagai materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan media tersebut melalui klip video keteladanan dan contoh perilaku budi pekerti disajikan secara menarik.

“Pendidikan adalah contoh terbaik dalam pandangan anak yang akan ditirunya dalam segala tindakan disadari maupun tidak. Bahkan jiwa dan perasaan seorang anak sering menjadi suatu gambaran pendidiknya, baik dalam ucapan, maupun perbuatan, materiil maupun spirituil, diketahui, atau tidak diketahui. Dengan demikian guru sangat dituntut untuk melengkapi kemampuan berinovasi dengan perangkat informasi agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik,” terang Fakih

Dalam kegiatan ini para pengawas bersama Kasi PAIS berbincang tentang Aplikasi Smarttendik yang sangat berguna bagi guru dan tenaga kependidikan. Ada beberapa manfaat dari aplikasi Smarttendik ini diantaranya : Aplikasi Smarttendik memudahkan guru dalam menyiapkan administrasi pembelajaran yang selama ini jadi beban dan menyita waktu, adanya smarttendik membuat guru lebih fokus dalam pembelajaran serta guru bisa berbagi melalui fitur upload jika ingin share administrasi dengan guru lainya.

“Dalam Smarttendik terdapat modul digital sebagai bahan rujukan guru dan siwa dalam pelaksanaan proses pembelajaran; Disediakan pula contoh model/metode/ media pembeajaran dan guru bisa berbagi didalamnya, dengan Smarttendik Guru bisa melakukan PKB (pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya, baik dalam pengembangan diri, publikasi ilmiah ataupun karya inovatif; Smarttendik ini terintegrasi dengan, pengawas PAI untuk melakukan pembinaan, pemantauan SNP PAI, Penilaian Kinerja, serta bimbingan pelatihan profesionalisme guru PAI; Selain itu Smarttendik ini terintegrasi pula antara PKG (formatif dan sumatif) serta outputnya menjadi rekomendasi PKB GPAI, dan PKG Sumatif sebagai dasar penetapan AK/ dan P2KPNS” tandas Fakih.

Melalui Smarttendik ini Guru bisa berbagi kreatifitas melalui upload/sharing karya pada semua modul pembelajaran dan penunjang; Smarttendik menyajikan fitur share semua file data berupa link youtube, video, voice, text dll.; Selain itu terdapat fitur jurnal ilmiah sebagai wadah publikasi hasil penelitian Tindakan Kelas dan penelitian lainya.

Melengkapi fitur Smarttendik terdapat E-Class PAI sebagai learning manajemen sistem (LMS) dalam proses pembelajaran PAI dengan mengintegrasikan peran serta orang tua murid dalam penilaian sikap spiritual dan sosial siswa; Tersedia pula fitur sertifikat digital praktik ibadah untuk siswa; Terdapat kartu Anggota FKG, KKG/MGMP digital. Demikian tambah Kasi PAIS menjelaskan Aplikasi Smarttendik Kementerian Agama RI.

Semoga Smarttendik ini menambah nuasa baru dalam pengembangan dan kemajuan dunia pendidikan Agama Islam di Nusantara tercinta. Mengakhiri sambutan pembinaan Kasi PAIS sampaikan harapan, Rapat koordinasi dan pembinaan ini menginspirasikan semua pengawas dan guru Pendidikan Agama Islam untuk berinovasi menggunakan media meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan tugas mencerdaskan kehidupan bangsa. Yakinkan bahwa setiap kebaikan untuk memperoleh anugerah keridhaan-Nya pasti bermanfaat dan berguna bagi upaya bersama menyiapkan generasi berkualitas di masa depan.

Deskripsi Rapat koordinasi dan Pembinaan Pengawas Pendidikan Agama Islam Kankemenag Wonosobo. Kasi PAIS Muhammad Fakih Khusni. Selasa 15/02/2021 Ruang Metting Pengawas PAI Wadaslintang Wonosobo Jawa Tengah. FK_WS/qq