081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Menuju Pembelajaran Efektif MTsN 8 Kebumen Gelar Workshop Implementasi E-Learning

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Memasuki semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 kegiatan proses pembelajaran belum dapat diselenggarakan secara langsung/tatap muka. Hal ini karena pandemi Covid 19 yang belum menunjukkan penurunan.

Di sisi lain, kejenuhan peserta di rumah serta kebutuhan kuota internet selama ini menjadi persoalan yang harus dicarikan jalan keluar. Kondisi ini menuntut madrasah untuk bisa memberikan solusi yang bijak, tepat dan tidak memberatkan pihak-pihak terkait dengan proses pembelajaran, baik pendidik maupun peserta didik. Kepiawaian seorang guru dalam menyiapkan bahan ajar dan strategi dalam menyajikan pembelajaran juga menjadi hal prioritas untuk dikembangkan.

Dalam rangka menyikapi hal inilah, kepala madrasah merasa perlu untuk memberikan bekal kepada tenaga pendidiknya melalui workshop tentang strategi menciptakan pembelajaran yang efektif, inovatif dan menyenangkan. MTs. Negeri 8 Kebumen menyelenggarakan kegiatan Workshop Implementasi ELearning pada  Selasa – Kamis, 9-11 Februari 2021 dengan mengangkat tema “Menuju Pembelajaran Efektif Dan Maksimal.”

Diikuti oleh seluruh Guru dan 4 perwakilan KKM MTs Negeri 8 Kebumen kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya adalah Arif Hidayat, Tito Septiawan, Jhoni Setiawan, dan salah satunya adalah pengawas madrasah Kemenag Kebumen Hj. Indarawati.

Hj. Inddarwati dalam pembinaannya menyampaikan bahwa pembelajaran daring ditengah pandemi Corona Virus Disease (Covid) 19 sangat menuntut kepintaran dan kepiawaian seorang guru, harus lapang dada dan selalu tadzkiroh.

“Guru harus berinovasi tanpa henti, mencoba berbagai macam strategi, mengujikan berbagai media pembelajaran. Guru harus bisa menyajikan pembelajaran yang Inovatif meskipun tidak semua peserta didik mampu masuk dan mengikuti,” ujar Indarwati.

Banyak media pembelajaran yang bisa digunakan untuk menyampaikan materi atau bahan ajar, salah satu yang paling sering digunakan yaitu melalui Whatsapp (WA). Ada juga Zoom, You Tube, Google Clasroom dan sebagainya.

Menurut Indarwati, menggunakan media pembelajaran ELearning adalah pilihan yang sangat tepat saat ini, dengan ELearning siswa mampu memahami materi bahan ajar dan lebih komunikatif,” katanya.

Sementara itu Kepala MTsN 8 Kebumen H. Mardiyono menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Ibu  MTs Negeri 8 Kebumen dan Bapak Ibu Guru dari KKM MTs Negeri 8 Kebumen yang sudah hadir serta bersemangat mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Dia berharap setelah mengikuti Workshop dapat mengaplikasikan ELearning untuk media pembelajaran.

H. Mardiyono menjelaskan, “sejauh ini guru-guru MTsN 8 Kebumen telah banyak yang melakukan pembaharuan, inovasi, dan menemukan strategi jitu untuk menyajikan pelajaran daring yang menyenangkan. Dan dengan adanya Workshop ELearning ini hendaknya semakin memberikan spirit dan semangat baru kepada guru kami,” pungkasnya.(sf/fz/qq).