MHC MAN 1 Kebumen Tetap Produktif Di Masa Pandemi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – MHC atau MANSA Hijau Club adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler di MAN 1 Kebumen yang berorientasi dalam bidang lingkungan, baik lingkungan madrasah maupun lingkungan diluar madrasah. Salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan MHC adalah melakukan pembibitan dan penanaman secara berkala untuk mewujudkan madrasah  yang hijau.

Sebagai Madrasah Adiwiyata tingkat Propinsi, MAN 1 Kebumen sangat terbantu dengan keberadaan ekstrakurikuler ini, karena hampir seluruh kegiatan yang berhubungan dengan penghijauan di madrasah dilaksanakan oleh MHC.

Pada saat pandemi seperti sekarang MHC tetap eksis, hal ini terbukti dengan program kerjanya yang berani mencoba untuk memasarkan hasil produksi pembibitan mereka. Bertempat di alun-alun Kebumen, pada hari Minggu tanggal 14 Februari 2021, MHC dengan 8 anggotanya ikut meramaikan CFD Car Free Day  yang dilakukan sesuai protokol kesehatan.

Dalam kegiatan ini mereka memasarkan hasil produksi pembibitan di area CFD. Kurang lebih ada 40 jenis tanaman dalam 80 pot yang ditawarkan dengan harga terjangkau oleh masyarakat. Mulai dari tanaman keladi hingga aglonema yang saat ini memang sedang trend dan digandrungi masyarakat.

Salah satu tim Adiwiyata Elly Samodrati yang juga merupakan pionir Adiwiyata di MAN 1 Kebumen, mengatakan bahwa “kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari  Pokja Produksi yang berhubungan dengan kegiatan Adiwiyata agar mampu menghasilkan produksi penghijauan yang memiliki  nilai jual. Harapannya aksi lingkungan hidup ini dapat memberikan manfaat dalam pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, hingga akhirnya menjadi gerakan peduli dan cinta lingkungan pada masyarakat,” ungkapnya.

Harapan sama juga disampaikan pembina MANSA Hijau Club Ardian Ramadhani, “dia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi tim Adiwiyata dan MHC sebagai upaya mewujudkan madrasah yang peduli lingkungan dengan harapan dapat mendorong terciptanya kesadaran warga madrasah dan masyarakat pada umumnya dalam pelestarian lingkungan hidup,” ungkapnya.

Lebih dari itu diungkapkan Ardian Ramadhani, melalui MHC anggota dilatih mengenal beragam jenis tanaman dan cara perawatannya. Tujuannya agar mereka memiliki keterampilan dalam budidaya tanaman dan dapat bermanfaat dalam kehidupan mereka. “Kegiatan ini menjadi nuansa baru bagi peserta didik untuk tetap produktif di masa pandemi Covid-19,” pungkasnya. (tt/fz/qq).