Penilaian Satuan Pendidikan Ramah Anak (SRA) di MAN 1 Tegal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Tegal (Slawi). Kamis (4/2) Pelaksanaan Visitasi Pembinaan dan Penilaian Satuan Pendidikan Ramah Anak dilaksanakan di MAN 1 Tegal bertempat di ruang PKKM. Tim penilai di pimpin langsung oleh Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan Anak dari Sekretariat  Sekolah Ramah Anak Kab. Tegal Syaeful Bahri.

Dalam pembinaan dan penilaian tersebut, Tim SRA didampingi oleh kepala MAN 1 Tegal beserta tim SRA MAN 1 Tegal yang dimulai pukul 11.00 WIB sampai pukul 13.30 WIB.

Sekolah Ramah Anak (SRA) adalah program yang di lansir oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KemenPPA) dengan tujuan untuk memastikan bahwa sekolah mampu mengembangkan minat bakat, kemampuan anak dan  mempersiapkan anak untuk bertanggung jawab kepada kehidupan yang toleran, saling menghormati dan mampu bekerjasama dengan orang lain.

KemenPPPA berpendapat, salah satu dasar mengapa SRA dibuat adalah karena anak masih dijadikan objek oleh proses pendidikan di Indonesia. Artinya, guru merupakan sosok yang selalu benar sehingga mudah menyebabkan tindak perundungan dari guru kepada murid di lingkungan sekolah.

“Saya ucapkan selamat datang Bapak/Ibu Tim Penilai dan Pembinaan Satuan Pendidikan Raman Anak di MAN 1 Tegal, madrasah ini tentunya berkaitan erat dengan pondok pesantren karena mayoritas siswa yang bersekolah disini sambil nyantri di pondok, oleh karenanya madrasah memiliki Visi yaitu ULIL ALBAB, Unggul Ilmiah, Amal Islamiyah, Bermartabat dan Berakhlakul Karimah. MAN 1 Tegal juga memiliki slogan madrasah 3 in 1 yaitu Pendidikan Agama, Pendidikan Umum, dan Ketrampilan,” ungkap kepala MAN 1 Tegal, Nurhayati ketika memberikan sambutannya.

Sementara Ketua Tim Penilai yaitu Saeful Bahri beliau mengapresiasi dengan berbagai suguhan berkas yang sudah disiapkan oleh madrasah “saya mengapresiasi sekali atas kinerja madrasah sini, begitu banyak berkas yang sudah disajikan dan sangat bagus sesuai instrument SRA semoga ini ditingkatkan lebih bagus lagi dan madrasah yang begitu luas, lengkap sarana prasarananya sudah bagus,” ucapnya. (Nuris/Sol/AS).