POKJALUH Kankemenag Banyumas Terapkan Mantyasih

Purwokerto-Melalui kegiatan rutin Kelompok Kerja Penyuluh (POKJALUH) pada Bimas Islam Kakankemenag Kab. Banyumas H. Akhsin Aedi membuka sekaligus memberikan pembinaan. Kegiatan kali ini dilaksanakan di Aula Al-Ikhlas hari Rabu (17/2/21), ikut hadir Kasubbag TU, Kasi Bimas Islam dan seluruh 23 ASN Penyuluh dari 27 Kecamatan yang ada. Mantyasih (iman dalam cinta dan kasih) adalah tema pembahasannya yang akan disampaikan oleh Penyaji M. Zainur Rakhma.

Dalam sambutannya, Akhsin Aedi mengatakan bahwa tugas Penyuluh Agama Islam saat ini dihadapkan pada suatu kondisi masyarakat yang berubah dengan cepat dan mengarah pada masyarakat fungsional, teknologis, saintifik dan masyarakat terbuka yang didukung pesatnya perkembangan teknologi dan sumber informasi. Dengan demikian setiap penyuluh agama Islam mesti secara terus menerus meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pengembangan diri serta teknik dalam penyampaian ke masyarakat sehingga ada korelasi faktual terhadap kondisi dan kebutuhan masyarakat.

“Penyuluh hendaknya bekerja secara profesional dan jaga wibawa, baik internal maupun eksternal, jaga kekompakan dan saling husnudhon terhadap semua secara vertikal maupun horisontal dalam struktur organisasi,” harap Akhsin.

Sementara Kasi Bimas Islam H. Afifudin Idrus apa yang disampaikan Kakanwil benar adanya, karena itu tantangan para penyuluh agama Islam tidaklah ringan. Melalui proses pembinaan diri pribadi dan keluarga itu penting, setelah itu baru meningkat pada pembinaan masyarakat. Penyuluh harus bisa menjadi suri teladan yang baik di masyarakat. Oleh karena itu pembinaan rutin merupakan tujuan dengan harapan Penyuluh dapat bekerja secara profesional dan menjaga kewibawaan ASN (mdr/rf).