Program Kemenag Cerdas di MTsN 2 Brebes

Brebes – Program Indonesia Pintar atau yang disingkat PIP adalah bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan. PIP merupakan kerja sama tiga kementerian yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag).

PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA) maupun pendidikan non formal (Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar).

Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya.
PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung. Dana PIP dapat digunakan untuk membantu biaya pribadi peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi.

Dalam program “Kemenag Cerdas”, UPZ Kemenag Kab. Brebes memberikan bantuan kepada siswa yang tidak menerima PIP. Pelaksanaan pemberian bantuan dilaksanakan di Aula MTsN 2 Brebes pada Jumat, 29 Januari 2021. Kegiatan dihadiri oleh kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Brebes, Fajarin, Kepala MTsN 2 Brebes, Moh Suaedi, Pengurus UPZ, serta penerima bantuan yng tidak menerima program PIP. Sebanyak 50 siswa akan diberikan bantuan pada tahap pertama, dan dilanjutkan tahap kedua di bulan Maret.

“Kepedulian dari UPZ diharapkan mampu memberikan solusi dalam setiap masalah sehingga siswa yang tidak menerima PIP tidak merasa terkucilkan. Selain itu, penyaluran dana bantun ini sesuai dengan asnaf yang sudah ditentukan. Mudah-mudahan dana ini dapat memberikan manfaat,” jelas Fajarin kepada seluruh peserta.

Suaedi selaku Kepala Madrasah MTsN 2 Brebes mengucapkan terima kasih atas kepedulian UPZ Kementerian Agama Kabupaten Brebes.(DA/Sua)