Rapat Persiapan Tahap Penilaian /Survey ZI

Kab.Pekalongan – Kankemenag Kab.Pekalongan telah berhasil lolos dalam penilaian tahap ketiga untuk Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi. Penilaian telah dilakukan oleh Tim Penilai Internal dari Biro Ortala Kemenag RI. Kasubbag Tata Usaha Kankemenag Kab.Pekalongan, H.Muqodam menyampaikan hal itu saat Rapat Koordinasi di Aula kantor setempat, Jum’at (05/2/2021).

“Penilaian ZI menuju WBK telah dilakukan oleh Tim Penilai Internal dari Biro Ortala Kemenag RI. Dari yang tadinya 35 sekarang menjadi 11 Satker yang lolos dalam penilaian, diantara 11 yang lolos adalah Kankemenag Kab. Pekalongan,” ungkapnya.

“Beberapa waktu yang lalu, kita telah melengkapi berbagai evidence yang dibutuhkan untuk penilaian komponen pengungkit. Untuk menghadapi penilaian Tim Penilai Internal dari Inspektorat Jenderal kita harus meningkatkan pelayanan publik dan nilai perspektif anti korupsi yang merupakan komponen hasil. Masing-masing satker diharapkan mempunyai inovasi dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat,” imbuh Kasubbag.

Senada dengan Kasubbag TU, Kepala Kankemenag Kab.Pekalongan, H. Kasiman Mahmud Desky. juga berharap adanya peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat terutama untuk pelayanan nikah di KUA, layanan haji, dan layanan intern berupa pembayaran Tunjangan Profesi Guru harus optimal. “Jenis-jenis layanan kepada masyarakat harus dioptimalkan agar nilai perspektif anti korupsi dan layanan publik sebagai komponen hasil mendapatkan nilai yang terbaik,” tegas Kakankemenag.

Kita hus mulai melaksanakan menejemen perubahan yang artinya kita bekerja tidak menunggu perintah atasan akan tetapi bekerja sesui tusinya, dan kita juga harus merubah maenset “Segala apa yang kita upayakan ini, mari niatkan sebagai jariyah bagi Kementerian Agama dan penerus kita nanti,” imbuhnya..

Dalam rakor tersebut antara lain membahas perubahan Tim Zona Integritas terkait persiapan penilaian internal dan pemeriksaan ZI selanjutnya. Selain itu juga mempersiapkan responden untuk survey awal dari Balitbang Kemenag RI. Rakor diikuti oleh semua Pejabat dan Tim ZI Kankemenag Kab.Pekalongan. (hfr/bd)