Tak Hanya Soalisasi, KUA Ini Adakan Aksi Nyata Cegah Covid19

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Sosialisasi Gerakan 5 M sebagai upaya mencegah penyebaran Covid19 telah dilaksanakan oleh semua satuan tugas di lingkungan Kemenag Kabupaten Rembang. Hal ini sesuai dengan Instruksi Menteri Agama nomor 01 tahun 2021. Namun tak sekadar sosialisasi, beberapa KUA melakukan aksi turun ke lapangan untuk membagikan masker kepada masyarakat untuk mencegah mata rantai penularan Covid19.

Aksi bagi-bagi masker ini di antarnya dilakukan oleh KUA Sedan dan KUA Sedan. Di sepanjang jalan raya Sedan, para staf dan penyuluh KUA membagi-bagikan masker kepada pengguna jalan, terutama yang mengendarai kendaraan bermotor roda dua. Kegiatan ini dilakukan pada Jumat (19/2/2021).

Sembari bagi-bagi masker, para staf dan penyuluh ini juga melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan agar mematuhi protokol kesehatan, karena wabah belum berakhir. “Sambil membagikan masker, kami minta pengguna jalan untuk berhenti sejenak dan kami himbau untuk selalu mematuhi protokol kesehatan di mana pun mereka berada,” kata Penghulu KUA Kecamatan Sedan, Moh. Muhlisin.

Muhlisin berharap, aksi sosialisasi ini akan bisa menggugah kesadaran masyarakat akan bahaya Covid19 dan mewujudkan masyarakat yang sehat terbebas Covid19.

Sementara di KUA Sumber, puluhan staf dan penyuluh Agama Islam juga mendistribusikan masker kepada masyarakat sekitar. Pembagian dipusatkan di jalan sekitar Pasar Sumber. “Kami membagikan ratusan masker kepada pengguna jalan, bakul serta pembeli di Pasar Sumber,” kata Kepala KUA Sumber Djabar Alif.

Djabar mengatakan, pasar merupakan kluster yang rentan penularan covid19. Kondisi ramai dan lalu lalang agar menyulitkan pengunjung pasar untuk menjaga jarak.  “Semoga dengan ikhtiar kami ini, masyarakat Sumber akan semakin sadar gerakan 5 M untuk diterapkan sehari-hari, sehingga wabah ini secepatnya hilang,” kata Djabar. — iq/qq