Wujudkan Sahabat Madrasah, Kemenag Rembang Tunjuk Sejumlah Madrasah sebagai Madrasah Pembina

Rembang – Guna mendukung program Sahabat Madrasah yang dicanangkan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Kankemenag Kabupaten Rembang menunjuk sejumlah madrasah untuk menjadi madrasah pembina, baik jenjang MI, MTs dan MA.

Penunjukan madrasah pembina ini dipaparkan dalam rapat koordinasi yang diadakan pada Senin (22/2/2021) di aula Kemenag Rembang. Rakor yang dipimpin oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Rembang, Syadullah ini dihadiri oleh sejumlah Kepala Madrasah dan Kaur TU, serta pengawas madrasah.

Sejumlah madrasah pembina yang ditunjuk Kemenag Rembang yaitu, MAN 1 Rembang, MAN 2 Rembang, MTs N 1 Rembang, MTsN 4 Rembang, MTsN 5 Rembang, MIN 1 Rembang dan MI An-Nashriyah.

Syadullah mengatakan, madrasah pembina tersebut mempunyai beberapa kualifikasi, antara lain mempuyai akreditasi A, mempunyai jumlah rombel tertentu dan sudah mempunyai prestasi baik guru maupun siswa minimal tingkat Provinsi Jawa Tengah, serta mempunyai laboratrium dan perpustakaan sendiri.

Sementara untuk madrasah mitra yang akan dibimbing oleh madrasah pembina harus mempunyai jumlah siswa minimal 60 untuk MA dan MTs dan 90 siswa untuk MI.

Syadullah mengatakan, sahabat madrasah ini bertujuan untuk memajukan bersama-sama madrasah yang ada di Jawa Tengah. Upaya adalah dengan menjalin kemitraan antara madrasah pembinaan dan madrasah mitra.

“Sahabat madrasah ini bertujuan untuk memajukan madrasah, sehingga madrasah yang sedang berbenah bisa berprestasi, baik di bidang akademik dan non akademik,” ungkap Syadullah.

Dalam pemilihan sahabat mitra, Kemenag Rembang mempersilakan madrasah pembina untuk menentukan sendiri madrasah mana yang akan menjadi binaan mereka.  Bagi madrasah pembina yang berhasil memajukan madrasah binaan hingga mendapat prestasi, akan mendapatkan penghargaan dari Kakanwil.– iq/qq