Belajar Manajemen ZIS, Mahasiswa IAIN Surakarta Lakukan Observasi ke Upz Kankemenag Boyolali

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali– Dalam rangka belajar tentang manajemen Zakat Infaq dan Shodaqoh (ZIS), mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Surakarta lakukan observasi ke Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali. Mereka diterima langsung oleh Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali, Muh Rosyid, mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten boyolali  di ruang kerja Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Selasa (23/3).

Dalam paparannya mereka menanyakan beberapa hal, diantaranya bagaimana status UPZ Kantor Kementerian Agama Kab. Boyolali, berapa jumlah zakat yang dapat dikumpulkan. Selain itu mereka juga menanyakan bagaimana peran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali dalam mempublikasikan pelayanan zakat di Boyolali dan bagaimana alur layanan distribusi zakat.

“Saya berterimakasih atas sambutan dan kesempatan untuk melakukan observasi di UPZ Kantor Kementerian Agama Kab. Boyolali. Terus terang kami ingin belajar banyak bagaimana manajemen ZIS di UPZ Kankemenag Boyolali sebagai bahan untuk membuat tugas kuliah tentang zakat,” ujar Zulkarnaen yang mewakili tim observasi.

Sementara, Ketua UPZ Kankemenag Boyolali, Muh Rosyid, menyampaikan terimakasih atas kehadiran mahasiswa Fakultas IAIN Surakarta untuk melakukan observasi di UPZ Kankemenag Boyolali.

“Saya apreasiasi adik adik mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Surakarta hadir di UPZ Kankemenag Boyolali. Perlu Kami sampaikan kepada adik adik mahasiswa yang hadir disini, bahwa UPZ Kankemenag Boyolali sejak di Audit KAP tahun 2019 dan 2020 menjadi rujukan studi banding dari kabupaten lain. Kita juga pernah mendapatkan penghargaan Zakat Award dari BAZNAS Kabupaten Boyolali sebagai Unit Pengumpul Zakat terbaik,”  ujar Rosyid.

Lebih lanjut Muh Rosyid manyampaikan bahwa UPZ Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali  dibentuk Berdasarkan Keputusan Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Boyolali Nomor : 001-58/BAZNAS-KAB-11/XII/2017 tanggal 11 Desember 2017 tentang Pembentukan Organisasi Unit Pengumpul Zakat BAZNAS Kantor Kementerian Agama Kab. Boyolali Masa Kerja 2017-2022.

“UPZ Kankemenag Boyolali pada tahun 2020 telah memberikan kontribusi sebesar  Rp. 746.954.446 atau 12 ?ri total dana ZIS BAZNAS Kabupaten Boyolali sebesar Rp. 6.146.083.672,” jelas Rosyid. (hd/Jaim/rf)