081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Excellent Service Tingkatkan Indeks Layanan KUA

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Salatiga—- Pelayanan prima atau excellent service yakni melakukan pelayanan sebaik mungkin kepada para pelanggan atau user sehingga menimbulkan rasa yang puas. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag ) Kota Salatiga H. Taufiqur Rahman dalam kegiatan  Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Manajemen  Nikah (Simkah) Web Kantor Kementerian Agama kota Salatiga yang digelar  Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga melaui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Selasa, (16/3) di Aula Kecamatan Sidomukti Salatiga

Tampak hadir Kepala Kantor Kemenag Kota Salatiga, Kasi Bimas Islam, Kepala KUA se Kota Salatiga, Penyuluh, Penghulu, Humas,  Operator Simkah Web di KUA, Perwakilan dari Disdukcapil Salatiga dan Tenaga Tehnis ASN Seksi Bimas Islam Kankemenag Kota Salatiga.

Selanjutnya Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga H. Taufiqur Rahman  dalam sambutannya mengatakan tujuan Bimtek ini adalah untuk mewujudkan terciptanya pelayanan prima khususnya pencatatan nikah serta meningkatkan kinerja para Kepala KUA dan Operator Simkah Web di KUA.

“Nantinya setelah Bimtek ini diharapkan indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di KUA menjadi meningkat, ujar Taufiq.

Menurut Taufiq, Konsep pelayanan prima ada 3 macam yakni Konsep Sikap/Attitude, Konsep Perhatian/Attention dan Konsep Tindakan/Action.

“Kesuksesan suatu lembaga jasa pelayanan akan sangat tergantung pada orang-orang yang terlibat dalam menjalankan lembaga tersebut, yang mempunyai sikap bangga terhadap pekerjaan yang yang dilakukan, ramah dan seorang pegawai pada bagian pelayanan harus selalu memperhatikan dan mencermati apa yang menjadi keinginan user,” jelas Taufiq.

Pesan Taufiq diakhir sambutannya menyampaikan pelaksanaan program pelayanan prima KUA untuk mewujudkan pelayanan yang profesional dan memenuhi hak dasar masyarakat yang memerlukan dengan cara lebih baik , cepat , mudah,  baru dan murah, pungkasnya.

Sebelumnya Kasi Bimas Islam Kankemenag Kota Salatiga, H. Nurcholis dalam laporannya mengatakan Bimtek Simkah Web bertujuan agar petugas KUA yang ada di kota Salatiga dapat mengoperasikan dan menerapkan simkah web dalam melakukan tugasnya, melayani masyarakat dalam hal pernikahan. Sehingga pernikahan yang berlangsung di daerah yang menjadi wilayah kerjanya berbasis web.

“Kita dari Seksi Bimas Islam Kankemenag Kota Salatiga menyelenggaraan Bimtek Simkah Web  dengan  peserta sebanyak 25 dan waktunya hanya sehari saja, Insya Allah siang hari selesai,” kata Nurcholis

Nurcholis menambahkan narasumber Bimtek ini ada 2 orang yakni Operator Simkah Web Kanwil Kemenag Provinsi Jateng dan Kabid Urais Kanwil Kemenag Provinsi Jateng.

Nurcholis berharap agar para operator yang sudah mendapatkan ilmu dari kegiatan ini dapat mentransfer ilmunya kepada para staf yang lain di KUA masing-masing, sehingga seluruh pelaksana yang ada di KUA dapat memberikan pelayanan pendaftaran nikah berbasis IT ini kepada masyarakat, tambahnya. (Khusnul/Fitri/Nurcholis)