FGD Bersama Lintas Sektoral Upaya Wujudkan Layanan Terbaik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purbalingga – Dalam rangka mendukung keberhasilan layanan pencatatan nikah serta terwujudnya layanan terbaik untuk masyarakat, Kantor Kementerian Agama melalui Seksi Bimas Islam menggelar kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dengan tema Strategi terhadap Keberhasilan Pelayanan dan Pencatatan Nikah, Kamis (25/3/2021). Kegiatan yang bertempat di sebuah rumah makan di Purbalingga tersebut menghadirkan narasumber dari 3 lembaga lintas sektoral yaitu : Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil), Dinas Kesehatan (Dinkes) serta Pengadilan Agama.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga Karsono dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut menekankan bahwa sangat penting bagi KUA untuk bisa menyamakan persepsi dengan Dindukcapil, Pengadilan Agama dan Dinas Kesehatan agar masyarakat mendapat layanan yang terbaik.

“Sinergitas ini sekaligus sebagai modal awal manakala suatu saat wacana KUA sebagai Ibu dari Kementerian Agama betul-betul dicanangkan. Ketika saat itu terjadi, maka KUA tidak hanya sekedar memberikan layanan untuk umat Islam akan tetapi juga umat agama lainnya,” ungkapnya.

Kepala Seksi Bimas Islam Mukhlis Abdillah dalam keterangannya menjelaskan, kegiatan tersebut dihadiri para Kepala KUA dari 20 KUA yang ada di kabupaten Purbalingga bersama perwakilan Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh).

“Agar kegiatan tersebut menghasilkan output yang maksimal maka dihadirkan narasumber dari instansi terkait yaitu Kantor Kementerian Agama, Dindukcapil, Pengadilan Agama dan Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga,” jelasnya.

Dari kegiatan yang dimoderatori oleh Agen Perubahan Area KUA dan Penyuluh Agama Kankemenag Purbalingga Sarif Hidayat ia menyimpulkan, kegiatan FGD tersebut memunculkan kesepakatan untuk melakukan kerjasama dalam hal validasi data di antara seluruh instansi terkait, yaitu Kantor Kementerian Agama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil), Pengadilan Agama serta Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga.

Ia menambahkan, hadir sebagai narasumber dari Dindukcapil Kasi Perkawinan, Perceraian, Perubahan Status & Pewarganegaraan Kartikaningsih. Sedangkan dari Pengadilan Agama hadir Panitera Muda Permohonan Rosiful serta Staf Kesehatan Keluarga dan Gizi Ruswati dari Dinkes Kabupaten Purbalingga. (khikam/sar/bd)