Finalisasi Naskah Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Genap SMK Tahun Pelajaran 2020/2021

Semarang — Drs. Ahmad Untoro, M.Pd. GPAI SMK Negeri Salatiga dan Dulhadi, S.Ag., M.Pd.l. GPAI SMKN 3 Salatiga mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Finalisasi Soal Penilaian Akhir  Semester (PAS) Mapel PAI dan Budi Pekerti bagi  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Rabu (17/03). Berlangsung di Ruang Rapat lantai 2 Bidang PAIS Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, kegiatan dihadiri oleh 15 GPAI SMK se Jawa Tengah.

Kegiatan yang diadakan Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah tersebut dipimpin oleh Hj. Afifatun, Kasi PAI SMA/SMK. Dalam pengarahannya, beliau mengharapkan agar kisi-kisi soal, naskah soal dan kartu soal  PAS Genap PAI Provinsi Jawa Tengah dapat disusun mempertimbangkan mutu soal yang sesuai dengan karakteristik Higher Order Thinking Skills atau HOTS, sehingga kualitas penilaian PAS lebih bermutu dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.  Disamping itu diharapkan para peserta dapat menjaga kerahasiaan naskah tersebut dengan sebaik-baiknya dengan menandatangani pakta integritas.

Setelah pengarahan, peserta dibagi menjadi dua kelompok yaitu Soal PAS  PAI Kelas X SMK dan Soal PAS PAI Kelas XI SMK.

Kegiatan dimulai pukul 09.00-17.00 WIB dengan hasil tugas yang diberikan oleh Bidang PAIS Kanwil untuk menyelesaikan kisi-kisi, kartu Soal dan naskah soal PAS Genap Mapel PAI  SMK, serta kunci jawabannya dapat dilaksanakan dengan baik.

Rencananya, Jum'at 19 Maret 2021  perangkat master soal PAS Genap PAI SMK akan diserahkan ke Kepala  Bidang PAIS Kanwil Kemenag  Provinsi Jawa Tengah untuk selanjutnya bisa didistribusikan ke seluruh Kasi PAIS/ PAKIS  se Jateng dan diteruskan ke Ketua MGMP PAI SMK Kab/Kota se Jawa Tengah. (Humas/Fitri-Khusnul-Untoro)