FKAPHI di Harapkan Ikut Mengedukasi Kebijakan Pemerintah Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji

Wonogiri – Kantor kementerian Agama Kabupaten Wonogiri melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh menfasilitasi pembentukan Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI) Kabupaten Wonogiri dengan mengundang perwakilan para alumni petugas haji, Selasa, (23/03) di Ruang Aula PTSP Kankemenag.

Menurut Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, H. Wahid Arbani, bahwa pertemuan tersebut dilakukan dalam rangka menindaklanjuti surat dari Kanwil Kemenag Prov. Jateng Nomor: 02.043/Kw.11.5/2/HJ.02/03/2021 tertanggal 2 Maret 2021 perihal pembentukan pengurus FKAPHI Tk. Kabupaten.

“Seperti kita ketahui FKAPHI lahir dari buah pemikiran Direktur Bina Haji, Khoirizi H Dasir. Berdiri secara defacto pada 3 Juni 2018, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nur Syam mengukuhkan Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI) waktu itu,” terang H. Wahid.

Kegiatan rapat koordinasi sekaligus di gunakan sebagai sosialisasi pembentukan Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI) Kabupaten Wonogiri, diikuti oleh para alumni TPHI, TPHD dan  TKHI sekaligus membentuk rancangan kepengurusan.

Menurutnya agenda kali ini adalah melakukan sosialisasi tentang adanya lembaga Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI), seperti di ketahui Forum ini di bentuk dalam rangkla ikut mendukung, menyebarkan, mengedukasi semua kebijakan pemerintah tentang penyelenggaraan ibadah haji, menguatkan kesalehan pribadi dan saleh sosial, serta membudayakan filantropi (cinta kemanusiaan).

Dengan kemandirian tanpa membebani kementerian dan lembaga manapun, FKAPHI akan berjuang untuk menjaga wibawa dan kehormatan Kementerian Agama sekaligus mendorong bersama dalam mensukeskan penyelenggaraan ibadah haji.

H. Wahid berharap nantinya FKAPHI harus menjadi organisasi yang tangguh, kompak, turut serta memberikan program bimbingan manasik haji sepanjang tahun, sosial sekaligus sebagai wujud pengabdian bagi umat bangsa dan negara.

Dalam pertemuan tersebut di sepakati menjadi ketua FKAPHI Daerah Wonogiri, H. Fauzi Rohman Jauhari, dan bersama tim untuk melenggakapi kepengurusan. Menurutnya, dibentuk Forum ini juga untuk melaksanakan arah, tujuan, visi misi sesuai AD/ART FK APHI, mewujudkan alumni petugas haji yg memiliki dedikasi, loyalitas, komitmen dalam pembinaan, pelayanan, perlindungan untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan jemaah haji. (mursyid/Sua)