H. Ahmad Muhtadi Lantik Penghulu KUA Kecamatan Demak

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Demak – Kepala Kankemenag Demak, H. Ahmad Muhtadi melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan fungsional penghulu untuk KUA Kecamatan Demak. Pelantikan berlangsung di aula Kankemenag Kamis, (18/03/2021) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Acara dimulai sekitar pukul 10.30 WIB dihadiri para pejabat struktral dan kepala KUA se- Kab. Demak . Adapun pegawai yang dilantik adalah saudara Bambang Pujiono,  yang mana jabatan sebelumnya adalah sebagai  pengolah data di KUA Kecamatan Kebonagung.

“Saya ucapkan selamat melaksnakan tugas baru. Laksankan tugas dengan penuh amanah dan tanggungjawab sesuai dengan regulasi,“ pintanya mengawali sambutan.

Kemudian ia melanjutkan sambutannya dengan mengutip Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN RB) No. 9 Tahun 2019 tentang Jabatan Fungsional Penghulu.

“Menurut Permen PAN RB No. 9 tahun 2019,  bahwa jabatan fungsional penghulu merupakan jabatan fungsional kategori keahlian. Yang mana tugasnya adalah melaksnakan kegiatan pelayanan dan bimbingan nikah/rujuk, pengembangan kepenghuluan dan bimbingan masyarakat Islam,” jelasnya.

“Terkait hal tersebut menurut saya seorang penghulu seyogyanya  bisa menjadi role model atau teladan khususnya dalam hal kehidupan rumah tangga. Idealnya seoarang penghulu mampu membangun rumah tangganya menjadi keluarga yang sakinah mawadah warohmah. Bagaimana ia bisa memberikan bimbingan nikah/rujuk kalau rumah tangganya sendiri masih bermasalah ?,” tanyanya.  

Sebagai jabatan fungsional kategori keahlian, jabatan fungsional penghulu mempunyai jenjang mulai yang terendah yaitu Penghulu Ahli Pertama hingga jenjang tertinggi yaitu Penghulu Ahli Utama yang mana penetapannya berdasarkan angka kredit yang diperoleh.

“Untuk itu baca dan pahami Permen PAN RB ini,” perintahnya.

“Kepada Saudara penghulu yang baru saya lantik,  segera merapat bergabung ke tempat tugas baru. Jangan segan-segan ngangsu kawruh kepada seniornya,”pintanya. “Penghulu adalah ujung tombak pelayanan Kemenag. Oleh karena jaga integritas dan marwah  Kementerian Agama,” tambahnya  sebelum mengakhiri sambutan.

Sekitar pukul 12.00 WIB acarapun kemudian berakhir bertepatan dengan dikumandangkannya adzan shalat dzuhur dari masjid lingkungan Kantor Kemenag. (ms/qq)