H. Cahyo: Pengawas Pendidikan Agama Harus Ikut Sukseskan Ujian Sekolah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonogiri – Ka. Kankemenag Kabupaten Wonogiri, H. Cahyo Sukmana mengharapkan kepada semua pengawas pendidikan agama maupun madrasah untuk ikut menyukseskan ujian sekolah dan ujian madrasah tahun pelajaran 2020 / 2021 walaupun dalam kondisi pandemi covid-19.

Ujian madrasah dan ujian sekolah adalah  hajat besar bagi madrasah, yang  endingnya sukses penyelenggaraan dan sukses hasilnya untuk itu perlu persiapan dan kerja keras kita bersama, namun peningkatan kualitas anak didik tetap menjadi tujuan utama dari suatu proses pembelajaran.

Ujian madrasah dan ujian sekolah sampai saat ini masih menjadi salah satu barometer pengukur keberhasilan anak didik di madrasah yaitu dengan melaksanakan evaluasi yang harus di laksanakan dengan jujur, aman, tertib dan sukses hasil maka semua komponen madrasah harus mensukseskan hajat besar tersebut.

Hal tersebut di ungkapkan dalam acara pembinaan dan rapat koordinasi pengawas pendidikan agama dan madrasah, Selasa, (16/03) di Aula RM. Paryanti yang di ikuti para pengawas pendidikan agama dan madrasah dan turut di hadiri Kasi pendidikan Madrasah, H. Fauzi Rohman Jauhari dan jajaran.

Beliau berharap kepala pengawas pendidikan agama dan madrasah untuk bersinergi dengan guru agama maupun kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama dan madrasah, mengingat ujian sekolah dan madrasah adalah agenda rutin tahunan, maka kita direncanakan dengan sebaik-baiknya supaya dalam pelaksanaannya nanti bisa berjalan dengan lancar sukses dan baik.

“Pelaksanaan ujian sekolah dan madrasah walaupun di masa keprihatinan karena pandemi covid-19 harus dimatangkan persiapan segalanya, terutama tentang penyusunan soal yang ditetapkan dalam juknis,” harap Cahyo.

Menyinggung ujian sekolah, H. Cahyo meminta kepada guru pendidikan agama Islam dan Pengawas Pendidikan Agama Islam di sekolah agar menjadi hasil ujian sekolah sebagai upaya untuk menjaga mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah sekalipun saat ini sedang menghadapi pandemic Covid 19.

“Kementerian Agama berharap agar pelaksanaan ujian sekolah dapat mendukung peran dan tanggung jawab yang lebih besar dari para guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah, yaitu peningkatan kualitas pendidikan agama,” harap Ka. Kankemenag.

Untuk itu kepada para pengawas pendidikan agama bersinergi dengan para guru PAI, sehingga di lapangan harus benar-benar membimbing dan mendidik anak-anak agar dapat mengikuti ujian sekolah dengan sebaik-baiknya, bersikap profesional dan bertanggung jawab.(Mursyid/Sua).