081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

HOTS Antarkan Peserta Didik untuk Mampu Hadapi Tantangan Zaman

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Penyusunan soal menggunakan metode High Order Thinking Skill (HOTS) merupakan metode efektif untuk melatih peserta didik mempunyai kemampuan analisis yang tinggi. Soal HOTS ini sudah diterapkan dalam penyusunan soal di madrasah di bawah naungan  Kementerian Agama.

Dalam rangka memperlancar penyusunan soal HOTS ini, Kankemenag Kabupaten Rembang melalui Seksi Pendidikan Madrasah menggelar Bimbingan Teknis Penyusunan Soal HOTS pada Madrasah pada Jumat (5/3/2021) di aula PLHUT Kemenag Rembang.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber guru Puji Surtiningsih dari MAN 1 Rembang dan Masrur dari MAN 2 Rembang. Hadir Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, H. M. Fatah sekaligus membuka kegiatan ini.

Dalam sambutannya, Fatah mengatakan penyusunan soal HOTS ini merupakan langkah efektif untuk membangun generasi bangsa. Menurutnya, tantangan ke depan semakin rumit dan kompleks. Hal ini menuntut generasi muda harus mampu memecahkan persoalannya.

“HOTS ini akan mampu melatih peserta didik untuk menganalisis persoalan. Karena HOTS ini menyajikan soal disertai dengan contoh kasus yang ada di lingkungan. Apabila peserta didik terbiasa mengerjakan soal HOTS, maka ini akan berdampak pada pembiasaan mereka menyelesaikan persoalan mereka ketika mereka berkecimpung di masyarakat. Para generasi muda akan menggunakan ketrampilan terbaiknya dalam menghadapi perubahan zaman di masanya,” papar Fatah.

Selain terkait penyusunan soal HOTS, Fatah juga mengimbau guru madrasah untuk meningkatkan kemampuan di bidang akademik dan skill. Apalagi seiring dengan bertambahnya tunjangan guru. “Bertambahnya kesejahteraan guru harus berimplikasi pada perbaikan mutu guru dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di dunia pendidikan,” pungkasnya. — iq