Jamaah Haji Sragen Mulai Jalani Vaksinasi Covid-19

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sragen – Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen mengadakan vaksinasi Covid-19 kepada calon jamaah haji Kabupaten Sragen, Kamis (25/03). Sasaran utama untuk vaksinasi terutama adalah calon haji yang berusia lanjut. Vaksinasi dilaksanakan di Aula Kankemenag Sragen dengan penerapan protokol kesehatan.

“Hari ini 306 calon jamaah haji usia lanjut yang dijadwalkan berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2021 mengikuti vaksinasi. Mereka adalah prioritas dari keseluruhan calon jamaah haji tahun 2021 karena usianya yang telah lanjut. Harapannya dengan vaksinasi ini para calon jamaah haji bisa berangkat sesuai yang dijadwalkan jika Pemerintah Saudi sudah memngizinkan pelaksanaan ibadah haji tahun 2021 ini,” kata H. Ahmad Ulin Nur Hafsun selaku Plt. Kasi PHU Kankemenag Sragen.

Senada dengan Ahmad Ulin Nur Hafsun, Kakankemenag Kab. Sragen H. Hanif Hanani mengungkapkan kegembiraannya karena vaksinasi telah dilaksanakan untuk pegawai Kemenag Sragen, tokoh agama dan juga mulai menyasar calon jamaah haji.

“Alhamdulillah akhirnya vaksinasi untuk calon jamaah haji sudah dimulai, walau masih diprioritaskan bagi yang berusia lanjut. Vaksinasi ini dilakukan sebagai salah satu persiapan menjelang pelaksanaan ibadah haji tahun ini sambil menunggu keputusan pemerintah Arab Saudi,” kata Hanif Hanani.

“Harapan kita semua, tentu wabah ini segera berakhir. Keadaan kembali normal dan tentu haji bisa dilaksanakan,” sambungnya.

Sementara itu Kabid P2 Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen, dr. Sri Subekti mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi untuk calon jamaah haji ini merupakan program pemerintah pusat.

“Sesuai dengan surat dari Kemenkes RI Nomor. HJ.02.02/1/494/2021 perihal vaksinasi Covid-19 pada calon jamaah Haji Lansia, vaksinasi kami lakukan. Kamis ini untuk tahap pertama dan nanti 14 hari kemudian kami vaksin untuk kedua kalinya,” ujar Sri Subekti.

Sri Subekti menambahkan ”Calon jamaah haji yang divaksin diprioritaskan bagi lansia karena mereka adalah yang paling beresiko dalam wabah ini, sebagaimana program pemerintah, para lansia adalah sasaran utama selain para pelayan publik”.

Salah satu calon jamaah haji yang juga ketua KBIH Kabupaten Sragen dr. Agus Budiharto mengatakan rasa syukurnya karena para calon jamaah haji sudah divaksin. “Kami semua semangat untuk mendapatkan vaksin, ini ikhtiar untuk menanggulangi wabah. Kami berharap tidak ada efek berarti setelah disuntik, dan tentunya nanti kami bisa berangkat ke Baitullah”. (ira/ali)